Survei DSI: Elektabilitas Prabowo-Gibran Tembus 52,1 Persen

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 02 Februari 2024 | 23:29 WIB
Prabowo saat beraktivitas sebagai Capres (Sinpo.id/Tim Media)
Prabowo saat beraktivitas sebagai Capres (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id -  Elektabilitas paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran makin jauh mengungguli Ganjar-Mahfud dan Anies-Imin menjelang hari pencoblosan 14 Februari 2024. Bahkan, 2 paslon selain Prabowo-Gubran elektabilitasnya justru mentok berdasarkan survei Dinamika Survei Indonesia (DSI).

Dalam hasil survei yang dilakukan pada 15 - 27 Januari 2024 itu, DSI melibatkan 1.880 responden yang tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Adapun margin error survei DSI 2,21 persen dan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen, dimana teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner.

"Responden ditanyai siapa presiden yang akan dipilih jika pilpres diadakan saat ini. Sebanyak 52,1 persen publik mengaku akan memilih Prabowo-Gibran sementara Ganjar Pranowo-Mahfud MD dipilih sebanyak 30,7 persen dan Anies  Baswedan-Muhaimin Iskandat hanya mendapatkan simpati sebesar 11,3 persen dan tidak memilih 5,9 persen," kata Alvian dalam keterangan tertulis, Jumat, 2 Februari 2024.

Menanggapi survei tersebut, Pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta, Bambang Arianto menilai masih unggulnya Prabowo-Gibran, karena elektabilitas pasangan nomor urut 2 itu masih tinggi.

"Kalau kita lihat unggulnya Prabowo-Gibran karena elektabilitas nya yang masih tinggi," kata Bambang  kepada wartawan, Jumat, 2 Februari 2024.

Bambang menjelaskan Prabowo-Gibran terlihat lebih diuntungkan dengan adanya Jokowi sebagai figur yang menjadi daya magnet masyarakat.

"Prabowo-Gibran lebih diuntungkan dengan adanya Jokowi sebagai figur yang jadi daya magnet masyarakat," ujar  Bambang.

Bambang menjelaskan, bahwa saat ini  naiknya elektabilitas Prabowo-Gibran, karena adanya dorongan dari sikap Jokowi yang terus memperlihatkan adanya dukungan secara tidak langsung, melalui pertemuan dengan Prabowo beberapa waktu lalu.

"Elektabilitas Prabowo-Gibran naik karena adanya dorongan dari sikap Jokowi yang terus memperlihatkan adanya dukungan secara tidak langsung, melalui pertemuan dengan Prabowo," ucapnya.sinpo

Komentar: