Pasukan Gabungan TNI-Polri Tembak Mati Lima KKB di Intan Jaya

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 24 Januari 2024 | 08:21 WIB
Pasukan KKB (SinPo.id/ Ist)
Pasukan KKB (SinPo.id/ Ist)

SinPo.id - Pasukan gabungan TNI-Polri menindak tegas lima Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Dalam kontak tembak yang terjadi Kabupaten Intan Jaya pada Minggu, 21 Januari 2024, lima anggota KKB dilaporkan tewas.

Kaops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan, informasi awal ada tiga anggota KKB yang tewas. Namun setelah pemeriksaan lebih lanjut, ternyata jumlah korban tewas mencapai empat orang.

“Adapun identitas KKB yang tewas yakni, Oni Kobagau, Jaringan Belau, Agustia, dan Ones,” ujar Faizal dikutip dari laman resmi Polri, Rabu, 24 Januari 2024.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno, mengatakan, kontak tembak kembali terjadi pada Selasa, 23 Januari 2024 ketika Satgas Gakkum ODC-2024 akan mendarat di Intan Jaya.

"Pesawat ditembaki oleh KKB sampai dengan pesawat mendarat dan setelah pesawat mendarat, Kami mendapat bantuan dari Pos Perimeter TNI Yon 330/TD. Diduga tembakan berasal arah dari gereja Katolik Santo Misael, Bilogai, ” kata Bayu.

Kemudian, kata Bayu, aparat kemanan dari Pos Perimeter TNI Yonif 330/TD merespons dengan melakukan serangan balasan terhadap aksi KKB tersebut.

“Hasil pantauan drone menunjukkan bahwa satu anggota KKB, bernama Melkias Maisani, tewas dalam serangan tersebut, baik jenazah maupun senjata api yang digunakan telah dibawa kabur oleh rekan KKB lainnya,” jelas dia.

Bayu menegaskan, peristiwa ini menunjukkan upaya keras pasukan keamanan dalam menanggapi serangan dari kelompok bersenjata yang terus mengancam keamanan di wilayah Intan Jaya.

“Kami juga mengimbau kepada warga masyarakat agar tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh isu-isu yang menyesatkan yang mungkin datang dari sumber yang tidak jelas," tukasnya.sinpo

Komentar: