KPU: Tak Ada Perubahan Format Pada Debat Keempat Pilpres 2024

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 15 Januari 2024 | 08:28 WIB
Para peserta debat cawapres 2024 (Sinpo.id/Ashar)
Para peserta debat cawapres 2024 (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz mengatakan debat keempat Pilpres 2024 akan tetap menggunakan format yang sama seperti pada debat pertama hingga ketiga.

Sebagaimana diketahui, debat keempat yang di khusukan bagi calon wakil presiden (cawapres) akan digelar pada, Minggu, 21 Januari 2024.

"Kalau skema yang dilaksanakan oleh KPU sepanjang debat pertama, kedua dan ketiga itulah skemanya, tidak mengalami perubahan," kata Mellaz dalam keterangannya, dikutip Senin, 15 Januari 2024.

Mellaz menjelaskan bahwa durasi debat keempat juga akan sama seperti pada debat sebelumnya yakni 120 menit dan 30 menit untuk jeda iklan.

Selain itu, lanjut Mellaz, pembagian segmentasi pada debat keempat juga akan diberlakukan sama yaitu sebanyak enam segmen.

"Jadi ya tantangannya kan pasti berbeda. Nah, kalau dari sisi waktu 150 menit debatnya sendiri 120 menit, 30 menitnya untuk jeda iklan itu tidak mengalami perubahan," ujarnya.

Sementara itu, Mellaz menyebut pihaknya juga sudah mendapatkan beberapa masukan terkait tempat debat dan beberapa hal yang dibutuhkan usai rapat dengan tim pasangan calon.

"Proposal tempat, layout design, termasuk usulan moderator sudah muncul," tandasnya.

Adapun, debat keempat akan membahas tema soal energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat tidak berubah.
sinpo

Komentar: