Yusril Puji Penampilan Prabowo di Debat Capres: Isu HAM Sudah Dijawab Tegas

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 13 Desember 2023 | 07:41 WIB
Yusril Ihza Mahendra /ashar
Yusril Ihza Mahendra /ashar

SinPo.id -  Wakil Ketua Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra menilai pandangan calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo sudah cukup baik ketika para capres saling bertanya soal masalah hukum, dan HAM.

Pernyataan tersebut disampaikan Yusril usai menghadiri debat capres-cawapres perdana yang berlangsung di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat.

"Ya isu-isu HAM sudah dijawab dengan tegas oleh beliau ya, bahwa persoalan pengadilan HAM sampai sekarang kan pengadilan HAM itu kan sebenarnya sudah ada," kata Yusril di depan Gedung KPU Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023.

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) itu juga mengaku terkejut sekaligus memuji penampilan Prabowo ketika menghadapi debat capres.

"Dan saya sangat surprise, dengan pak Prabowo Subianto, yang berdiskusi panjang dengan kami-kami semua dan alhamudillah beliau tampil luar biasa," ujarnya.

Sementara itu, Yusril juga mencoba menanggapi pertanyaan yang dilontarkan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo terkait pengadilan HAM Ad Hoc untuk penyelesaian kasus pelanggaran HAM berat masa lalu.

Menurut Yusril, sepanjang belum ada permintaan dari presiden, maka pembentukan pengadilan HAM Ad Hoc itu dinilai belum perlu dilakukan.

"Yang kalau harus dibentuk itu pengadilan HAM Adhoc, itu kalau ada permintaan dari DPR kepada presiden. Jadi saya kira sepanjang belum ada permintaan dari presiden maka tidak perlu ada pembentukan pengadilan HAM adhoc,” ujarnya.

 sinpo

Komentar: