Komnas HAM Sebut Prabowo Tak Terlibat Pelanggaran HAM Berat, Sangap: Sudah Jelas Kan?

Laporan: Bayu Primanda
Selasa, 12 Desember 2023 | 19:06 WIB
Potret kedekatan Prabowo dengan warga (Sinpo.id/Tim Media)
Potret kedekatan Prabowo dengan warga (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id -  Komnas HAM tidak pernah menemukan keterkaitan Prabowo Subianto dengan kasus pelanggaran HAM yang selama ini selalu diarahkan kepada dirinya.

“Hasil penyelidikan Komnas HAM sampai hari ini, dan saya sudah baca, nama Prabowo tidak ada dalam kesimpulan dalam kasus itu sebagai orang yang melakukan pelanggaran hak asasi manusia,” kata Komisioner Komnas HAM periode 2012-2017, Natalius Pigai dalam keterangannya pada Selasa, 12 Desember 2023.

Bahkan, dari hasil rekomendasi terbaru yang telah dikeluarkan Komnas HAM, Natalius Pigai juga memastikan bahwa tidak ada yang protes dari hasil rekomendasi sebelumnya.

“Hasil penyelidikan Komnas HAM secara resmi saya sudah baca dan ini pernyataannya sudah saya keluarkan minggu lalu, tujuh hari lalu, tidak ada yang protes,” tukasnya.

Dalam kesempatan yang berbeda, Wakil Komandan Penggalangan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Sangap Surbakti, mengatakan, kehadiran sejumlah aktivis dan korban penculikan 98 di markas pemenangan Prabowo-Gibran membuktikan bahwa tudingan pelanggaran HAM yang selama ini ditujukan ke Prabowo Subianto tidak benar alias hoaks.

Sangap pun menegaskan, masa lalu Prabowo itu sudah terselesaikan dengan baik. Bahkan, Komnas HAM pun tidak menemukan sedikit pun bukti keterlibatan Prabowo Subianto dalam kasus pelanggaran HAM berat.

“Komnas HAM kan sudah melakukan penyelidikan terkait dengan kasus pelanggaran HAM berat yang selalu dikaitkan dengan Prabowo. Hasilnya kan sudah sangat jelas bahwa Prabowo tidak terbukti. Please, jika kita ingin demokrasi di negeri ini berjalan dengan baik, maka bermainnya juga harus sehat dong, jangan setiap momen debat apalagi isu demokratisasi, HAM, itu selalu dikaitkan dengan persoalan yang sudah dijawab Komnas HAM dengan sangat jelas dan tegas bahwa Prabowo tak terlibat kasus HAM berat. Mosok diulang-ulang terus,” tukas Sangap.

Sebagaimana diketahui, sejumlah orang yang merupakan aktivis dan korban penculikan tahun 1998 silam sambangi markas pemenangan Prabowo-Gibran. Orang-orang yang hadir ini merupakan para pendukung Prabowo-Gibran, yakni Budiman Sudjatmiko, Andi Arief, hingga Agus Jabo. Lalu, ada juga pegiat antikorupsi Irma Hutabarat, pegiat HAM Natalius Pigai, dan aktivis NGO Rachland Nashidik.

“Pasti akan muncul pertanyaan karena setiap 5 tahun sekali setiap Pak Prabowo ikut pilpres karena dikaitkan dengan masa lalu Pak Prabowo, hubungan masa lalu Pak Prabowo dengan Pak Budiman Sudjatmiko,” tandasnya.sinpo

Komentar: