BPH Migas Dorong Pemanfaatan Jaringan Gas Bumi di Kota Batam

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Jumat, 08 Desember 2023 | 10:47 WIB
Kunjungan kerja Komisi VII DPR dan BPH Migas (SinPo.id/ Dok. BPH Migas)
Kunjungan kerja Komisi VII DPR dan BPH Migas (SinPo.id/ Dok. BPH Migas)

SinPo.id - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mendorong Kota Batam untuk mengelola sumber energi gas bumi, baik dari segi pasokan, maupun pemanfaatan. Salah satunya melalui penggunaan jaringan gas bumi (jargas).

Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Yapit Sapta Putra mengatakan, wilayah Batam merupakan salah satu wilayah yang paling sesuai untuk penerapan Jargas.

“Kita dapat melihat, gas dari hulu sudah ada, pun didukung dengan infrastruktur jargas yang lengkap,” kata Yapit dalam keterangannya, Jumat, 8 Desember 2023.

Menurut Yapit, potensi suplai dan permintaan gas bumi di Kota Batam memberikan peluang bagi badan usaha untuk melakukan pengembangan jargas sehingga pembangunannya bisa lebih masif lagi. Natam juga dapat menjadi wilayah percontohan untuk pemasangan jaringan gas dengan skema KPBU.

“Bicara KPBU, BPH Migas sangat mendukung dengan melakukan harmonisasi agar program ini (KPBU) dapat berjalan,” kata Yapit. 

Gas bumi menjadi bagian dari penyediaan energi dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah Batam. Karenanya, kepastian alokasi gas adalah kunci penyaluran di kota ini. 

Hal serupa turut disampaikan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno bahwa proyeksi kebutuhan gas ke depan akan semakin besar, sejalan dengan potensi pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) dan pembangunan wilayah yang masif dan berkelanjutan. 

“Pertumbuhan industri di Batam ke depannya akan diimbangi dengan pasokan gas yang cukup, agar industri bisa berkembang,” kata Eddy. sinpo

Komentar: