RUU DKJ, Pemprov DKI Jakarta Study Banding ke AS

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 25 November 2023 | 16:27 WIB
Rombongan Pemprov DKI Jakarta saat Study Banding ke AS ( SinPo.id/Berita Jakarta)
Rombongan Pemprov DKI Jakarta saat Study Banding ke AS ( SinPo.id/Berita Jakarta)

SinPo.id -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar kunjungan kerja (Kungker) ke Amerika Serikat (AS) untuk studi referensi rancangan undang-undang tentang Pemerintahan Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ). Kunker yang berlangsung 16 hingga 17 November 2023 dilakukan bersama Badan Legislasi DPR RI dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Sekretariat Negara dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

"Kota Jakarta dan New York telah bekerja sama aktif dalam kerangka C40 Cities untuk mengatasi perubahan iklim dan Urban 20 (U20) sebagai Engagement Group dalam G20," kata Asisten Pemerintahan Sekda Provinsi DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko, dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu, 25 November 2023.

Menurut Sigit kunker membahas peran strategis Kota New York sebagai benchmark bagi Jakarta dalam membangun ekonomi global. Selain itu kunjungan itu bertujuan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk International Council on Clean Transportation (ICCT) dan Pemerintah Kota New York.

"Pertemuan kunci dengan Direktur Eksekutif Ad Interim ICCT, Rachel Muncrief di kantor pusatnya, Washington DC ini membahas upaya bersama dalam mendukung elektrifikasi armada Transjakarta, strategi umum elektrifikasi kendaraan bermotor di Jakarta, dan perluasan zona rendah emisi," ujar Sigit menjelaskan.

ICCT merupakan organisasi nirlaba non-pemerintah yang punya visi meningkatkan kinerja lingkungan dan efisiensi energi transportasi darat, laut, dan udara, guna memberikan manfaat bagi kesehatan masyarakat dan mitigasi perubahan iklim.

"Langkah ini diambil untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan memperkuat transportasi umum sebagai solusi utama, sejalan dengan visi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menciptakan layanan transportasi yang nyaman, andal dan terjangkau,"  ujar Sigit menambahkan.

Sigit menambahkan, studi referensi ini melibatkan diskusi intensif dengan mitra seperti ICCT dan penerapan praktik terbaik melalui benchmarking dengan Kota New York. Upaya itu mendorong Jakarta menjadi pusat ekonomi global yang berkelanjutan dan berdaya saing tinggi.sinpo

Komentar: