Menkeu Minta Peran DJKN untuk Kelola Kekayaan Negara Lebih Ditingkatkan

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 22 November 2023 | 15:08 WIB
Menkeu Sri Mulyani (SinPo.id/ Ashar)
Menkeu Sri Mulyani (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, meminta Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) untuk meningkatkan peranannya dalam melaksanakan tugas pengelolaan kekayaan negara.

Selain itu, DJKN juga diharapkan dapat semakin memahami landasan konstitusi dan landasan hukum terkait definisi kekayaan negara, untuk mendorong optimalisasi pemanfaatan kekayaan negara demi kemakmuran rakyat.

"Saya minta teman-teman DJKN baca undang-undang mengenai keuangan negara dan perbendaharaan negara. Cari di dalam undang-undang tersebut berbagai pasal artikel yang menyangkut kekayaan negara," kata Menkeu, Rabu 22 November 2023.

"Tujuannya apa? Bagaimana anda memahami semua legislasi ini? Tujuannya untuk apa? Kekayaan negara adalah untuk dikelola oleh negara untuk kemakmuran rakyat gitu kan undang undang dasar kan bilang begitu," lanjutnya.

Lebih lanjut, Menkeu menyampaikan harapan agar DJKN mampu mengoptimalkan kekayaan negara sehingga tidak berada dalam kondisi idle. Bahkan ia mendorong agar kekayaan negara bisa terus memberikan nilai tambah.

"Jadi poin kedua adalah DJKN harus menelurkan dan mengeluarkan rekomendasi bagaimana membuat kekayaan negara itu betul-betul menciptakan kemakmuran rakyat. Dia tidak wasted, dia tidak idle, dia tidak kemudian membebani," paparnya.

Terakhir, ia berharap DJKN dapat semakin canggih dan inovatif dalam mengelola kekayaan negara. Sehingga DJKN dapat melipatgandakan manfaat kekayaan negara tersebut.sinpo

Komentar: