TPN Ganjar-Mahfud Tak Masalah Hasil Survei Keok dari AMIN

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 21 November 2023 | 09:50 WIB
Pasangan capres-cawapres 2024 saat hadir di acara HUT Ke-13 Mata Najwa yang dihelat di Taman Ismail Marzuki, Minggu, 19 November 2023. (SinPo.id/Tim Media)
Pasangan capres-cawapres 2024 saat hadir di acara HUT Ke-13 Mata Najwa yang dihelat di Taman Ismail Marzuki, Minggu, 19 November 2023. (SinPo.id/Tim Media)

SinPo.id - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md mengaku tak masalah elektabilitas pasangan capres dan cawapresnya keok dari Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). TPN mengeklaim hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) tak sesuai dengan survei internal.

"Enggak ada kekhawatiran di kami karena dari survei-survei yang kami lakukan maupun dari banyak lembaga survei lain hasilnya tidak seperti survei IPO ini," kata juru bicara (jubir) TPN Ganjar-Mahfud, Chico Hakim, saat dihubungi, Jakarta, Senin, 20 November 2023.

Chico mengatakan dari rata-rata kebanyakan survei, Ganjar-Mahfud unggul dari paslon lainnya. Namun, baru dari hasil survei IPO Ganjar-Mahfud di bawah Anies-Muhaimin yang biasa berada di urutan ketiga.

"Itu kan salah satu lembaga survei dari ratusan yang ada. Tapi yang umum kan selalu antara Ganjar dan Prabowo di posisi 1 sedangkan Amin di posisi 3," ujarnya.

Sebelumnya, (IPO) merilis hasil survei terkini mengenai peta elektabilitas tiga pasang calon di Pilpres 2024. Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming masih menempati urutan pertama di survei tersebut.

Namun, duet Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengungguli Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Survei IPO ini digelar pada periode 10-17 November 2023. Metode survei ini, yakni multistage random sampling atau pengambilan sampel bertingkat dengan melibatkan 1.400 responden.

Survei dinyatakan memiliki pengukuran kesalahan atau margin of error 2,50 persen dengan tignkat akurasi data 95 persen. Untuk menguji validitas responden, IPO menyatakan melakukan spot check pada 10 persen sampel dari total populasi sampel.

Perihal elektabilitas ketiga capres, Prabowo menempati urutan pertama. Posisi kedua diisi Anies Baswedan dan ketiga ditempati Ganjar Pranowo. Prabowo: 37,5 persen; Anies: 32,7 persen; Ganjar: 28,3 persen; tidak tahu/tidak jawab: 1,5 persen

Dalam simulasi pasangan, Prabowo-Gibran menempati urutan pertama disusul Anies-Imin dan Ganjar Mahfud. Hasil ini didapat IPO dengan mengajukan pertanyaan, 'Jika hari ini dilaksanakan Pemilihan Presiden, dari nama-nama pasangan kandidat ini siapakah yang Bapak/Ibu akan pilih. Prabowo-Gibran: 36,2 persen; Anies-Imin: 34,1 persen; Ganjar-Mahfud 27,1 persen; belum menentukan pilihan: 2,6 persen.sinpo

Komentar: