TKN: Banten dan Jabar Wilayah Krusial untuk Pemenangan Prabowo-Gibran

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 17 November 2023 | 19:17 WIB
TKN umumkan tiga Ketua TKD Jabar, Tangsel dan Sumsel /ashar
TKN umumkan tiga Ketua TKD Jabar, Tangsel dan Sumsel /ashar

SinPo.id -  Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengumumkan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) untuk pemenangan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sekretaris TKN, Nusron Wahid mengatakan, ada tiga ketua TKD yang diumumkan hari ini sebagai ujung tombak pemenangan, yakni daerah Jawa Barat, Banten dan Sumatera Selatan.

"Kami menyadari keberadaan tim di daerah sangat penting, hal yang sangat vital dan hal yang sangat urgent dan merupakan ujung tombak dari pada proses pemenangan pasangan Prabowo-Gibran. Karena itu kami di TKN sangat teliti untuk menentukan siapa tokoh-tokoh yang kita berikan kepercayaan," kata Nusron dalam konferensi persnya di Posko Prabowo-Gibran, Jakarta Barat, Jumat, 17 November 2023.

Nusron menyebutkan, untuk daerah Jawa Barat (Jabar), TKN menunjuk mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai Ketua TKD Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024. 

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu diyakini mampu memenangkan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Jabar.

"Dengan menggunakan berbagai pertimbangan, kami memutuskan bahwa Ketua TKD provinsi Jawa Barat adalah Muhammad Ridwan Kamil," ujarnya.

Nusron memaparkan, Jabar merupakan daerah dengan pemilih paling besar di Indonesia. Menurutnya, Jabar menjadi lumbung suara Prabowo dalam dua kali pilpres di 2014 dan 2019.

"Kami yakin kalau Pak Prabowo dan Mas Gibran menang telak di Jawa Barat, kami yakin Insya Allah pemilu akan dilaksanakan hanya dalam satu putaran, dengan catatan menang telak di provinsi Jawa Barat," papar Nusron.

Kemudian, TKN menunjuk mantan Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany menjadi Ketua TKD Prabowo-Gibran di Banten. 

Nusron berharap penunjukan Airin dapat mempertahankan lumbung suara Prabowo di Banten. Airin juga diharapkan dapat menarik minat pemilih wanita untuk mendukung Prabowo-Gibran.

"Banten ini salah satu yang krusial. Ada tujuh juta suara dan kita percayakan kepada Ibu Airin. Ibu Airin kita tahu sudah dua periode menjabat Walkot Tangsel dan diharapkan bisa membawa suara milenial dan juga perempuan di Banten," ucapnya.

Selanjutnya, Nusron mengatakan, untuk TKD Prabowo-Gibran Sumatra Selatan (Sumsel) akan diketua Mawardi Yahya. Ia merupakan mantan Wakil Gubernur Sumatra Selatan dua periode. 

Selain itu, Mawardi juga pernah menjabat sebagai Bupati Ogan Hilir pada periode 2005-2010 dan 2010-2015.

"Berdasarkan rekam jejak Mawardi tersebut, TKN Prabowo-Gibran yakin Mawardi dapat menjaga asa kemenangan bagi Prabowo-Gibran di Sumatra Selatan," tandasnya.sinpo

Komentar: