Pemenangan Daerah Prabowo-Gibran: RK Pimpin Jabar, Airin untuk Banten

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 17 November 2023 | 19:39 WIB
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Nusron Wahid  (SinPo.id/ Dok. DPR)
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Nusron Wahid (SinPo.id/ Dok. DPR)

SinPo.id - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka resmi menunjuk ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) untuk tiga daerah. Ketiga daerah itu, yakni Jawa Barat (Jabar), Banten, dan Sumatra Selatan (Sumsel).

Sekretaris TKN, Nusron Wahid, mengatakan untuk tim pemenangan Prabowo-Gibran di Sumsel akan dipimpin langsung oleh Mawardi Yahya yang merupakan mantan Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel.

"Daerah yang kami umumkan di sore ini sementara ada tiga dulu. Daerah pertama kami umumkan Sumsel. Setelah menimbang dan mengingat, kami memutuskan bahwa yang menjadi ketua TKD di Sumsel, adalah Bapak Mawardi Yahya, wagub yang lalu, untuk menjadi ketua TKD," kata Nusron dalam konferensi pers di Sekber Relawan Prabowo-Gibran di Slipi, Jakarta Barat pada Jumat, 17 November 2023.

Selanjutnya, kata Nusron, TKN menunjuk eks Walkot Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany sebagai Ketua TKD Banten. Airin  diyakini akan menggaet pemilih perempuan.

"Kemudian daerah Banten. Ini juga jadi kunci pemenangan Prabowo dan Gibran karena di sini adalah titik kuat dari kekuatan Prabowo dan Gibran yang merupakan anaknya Pak Jokowi. Untuk menjaga asa kemenangan dan menghormati perspektif gender dan mengakomodasi pemilih perempuan. Maka yang menjadi ketua TKD adalah Airin Rachmi," kata Nusron.

Kemudian, Nusron mengumumkan TKD untuk wilayah Jawa Barat (Jawar). Menurutnya, TKN sepakat menyerahkan pemenangan Prabowo-Gibran di wilayah itu kepada Ridwan Kamil.

"Prabowo selalu memenangkan pilpres di Jabar melawan Pak Jokowi. Kali ini dengan kekuatan rekonsiliasi Prabowo dan Jokowi, Jabar menjadi kunci bagi kemenangan Prabowo.

Nusron mengatakan jika Prabowo-Gibran bisa mendominasi perolehan suara secara telak di Jabar maka bisa dikalkulasikan pasangan tersebut menang pilpres dengan satu putaran.

"Kalau menang telak di Jabar, kami yakin insyallah pemilu akan dilaksanakan hanya dilaksanakan satu putaran. Ketua TKD daripada Jabar ini sangat urgen dan harus punya kapasitas besar, dengan berbagai pertimbangan kami memutuskan ketua TKD Jabar adalah Ridwan Kamil," kata Nusron.sinpo

Komentar: