Begini Penjelasan Jenderal Agus Subiyanto Dituding 'Orang' Jokowi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 13 November 2023 | 17:30 WIB
KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto (SinPo.id/ Ashar)
KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto membantah tudingan dirinya 'orang' Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hubungan dekat Agus dengan Kepala Negara bagian dari tugas sebagai perwira militer Tanah Air.

Dia mengatakan hubungan kerja itu sudah terbangun sejak dirinya bertugas sebagai Komandan Kodim (Dandim) 0735/Surakarta di mana saat itu Presiden Jokowi mengemban tugas sebagai Wali Kota Surakarta.

"Saya itu berdinas tidak hanya di Solo (Surakarta), mungkin kebetulan waktu saya di Solo bertemu dengan Pak Jokowi," kata Agus kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 13 November 2023.

Dia melanjutkan kedekatan dengan pimpinan daerah merupakan sesuatu yang dia terapkan karena TNI perlu membangun hubungan erat dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Oleh karena itu, kedekatan yang sama juga terjalin saat Agus menjabat sebagai Komandan Resor Militer (Danrem) 061/Suryakencana di Bogor. Kemudian Panglima Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi yang menaungi wilayah Banten dan Jawa Barat.

"Saya pernah Pangdam III/Siliwangi, dengan Pak Ridwan Kamil dan Pak Uu saya dekat juga. Jadi, bagi saya, pada saat saya menjabat, saya selalu melaksanakan tugas bareng-bareng dalam bentuk Forkopimda itu," kata Agus.

Agus menegaskan berkomitmen menjaga netralitas TNI dalam Pemilu 2024. Dia berjanji akan mengawal pelaksanaan kontestasi politik berjalan dengan jujur dan adil.

"Saya berkomitmen untuk memberikan jaminan netralitas TNI pada setiap tahapan pemilu sekaligus memperkuat sinergitas dan soliditas TNI-Polri dalam mengamankan jalannya proses demokrasi melalui latihan dan posko bersama," kata Agus.sinpo

Komentar: