Capres Prabowo Janji Tuntaskan Persoalan Stunting Dengan Kebijakan Makan Siang Gratis

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 08 November 2023 | 16:38 WIB
Prabowo Subianto (SinPo.id/dok)
Prabowo Subianto (SinPo.id/dok)

SinPo.id -  Calon presiden (capres) Prabowo Subianto bertekad menyelesaikan permasalahan stunting di Tanah Air. Dia bahkan siap mempertaruhkan kohormatannya demi menunaikan janjinya tersebut.

"Saya pertaruhkan kehormatan saya, kita harus hilangkan stunting. Kita mampu selesaikan stunting," kata Prabowo dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu, 8 November 2023.

Prabowo mengaku sudah mempersiapkan strategi untuk merealisasikan janjinya itu. Salah satunya, dengan program makan siang gratis untuk anak Indonesia jika terpilih sebagai presiden pada Pemilu 2024.

Program itu ia sebut sebagai strategi jangka panjang untuk memperbaiki kondisi sumber daya manusia, menghilangkan stunting, mengurangi dan menghilangkan rakyat miskin. “Dengan makan yang kami berikan, generasi yang akan datang akan mampu menyongsong Indonesia makmur," kata Prabowo menjelaskan.

Prabowo menargetkan anggaran sebesar Rp400 triliun untuk makan siang gratis. Menurutnya, program serupa telah diimplementasikan oleh berbagai negara. Ia membandingkan India yang pendapatan per kapitanya setengah dari Indonesia, tetapi mereka berani memberi makan siang untuk seluruh anak.

“Mereka punya program bagi-bagi susu yang sudah berjalan 25-30 tahun," kata Prabowo menegaskan.

Untuk mencapai sumber daya manusia berkualitas, kata Prabowo, negara harus berinvestasi secara besar dalam sistem pendidikan. Ia mengacu kebijakan negara Tiongkok bangkit luar biasa yang setiap tahun menghasilkan 4,6 juta sarjana bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM).

“Saya berharap Indonesia dapat mencetak lebih banyak sarjana di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika,” katanya.sinpo

Komentar: