Tak Masuk TKN, Bahlil: Saya Bantu Pak Jokowi, Tetap Dukung Prabowo-Gibran

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 08 November 2023 | 16:43 WIB
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia (SinPo.id/dok)
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia (SinPo.id/dok)

SinPo.id -  Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menegaskan tetap mendukung pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024. Sikap itu ia tegaskan meski namanya tak masuk dalam struktur Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Kalau kalian mau tahu saya dukung siapa, saya dukung Prabowo sama Gibran," kata Bahlil kepada wartawan, Jakarta, Rabu, 8 November 2023.

Bahlil mengungkap alasannya tak masuk di struktur TKN Prabowo-Gibran. Dia mengaku ingin tetap berada di pemerintahan untuk membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengurus investasi.

"Saya kan menteri. Kalau masuk TPN (tim pemenangan nasional), harus mengundurkan diri jadi Menteri,” ujar Bahlil menjelaskan.

Sebelumnya, Ketua Umum TKN KIM, Rosan Roeslani, menjelaskan nama Menteri BUMN Erick Thohir dan Bahlil Lahadalia tidak ada dalam daftar pengurus. Alasannya, para menteri pendukung Prabowo berbagi tugas agar kerja kabinet tak terhambat.

Erick Thohir dan Bahlil merupakan beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang secara terbuka mendukung Prabowo sebagai capres pada Pilpres 2024.

Terlepas dari tidak adanya dua nama itu, susunan pengurus TKN diisi oleh beberapa nama menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju. Jajaran menteri Presiden Jokowi yang masuk dalam susunan pengurus, yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai Ketua Pengarah TKN.

Kemudian, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sebagai pengarah, Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor sebagai Wakil Ketua Koordinator Strategis, dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni sebagai Wakil Ketua Koordinator Strategis.sinpo

Komentar: