Rusia Diprediksi akan Menangkan Perang dengan Ukraina Tanpa Campur Tangan AS

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 01 November 2023 | 10:15 WIB
Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Lloyd Austin. (SinPo.id/AP)
Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Lloyd Austin. (SinPo.id/AP)

SinPo.id - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Lloyd Austin, mengatakan Rusia kemungkinan akan memenangkan pertempuran dengan Ukraina, jika AS tidak lagi mendukung Kyiv. 

Pernyataan tersebut disampaikan di depan Komite Alokasi Senat, untuk menanggapi permintaan dana oleh Presiden Joe Biden sebesar USD 106 miliar, untuk membiayai rencana ambisiusnya di Ukraina, Israel, dan keamanan perbatasan AS.

"Saya dapat menjamin bahwa tanpa dukungan kami (Presiden Rusia Vladimir) Putin akan menang,” kata Austin dalam sidang tersebut, dilansir dari CNA, Rabu 1 November 2023.

“Jika kita menarik diri dari mereka sekarang, Putin hanya akan menjadi lebih kuat dan dia akan berhasil dalam melakukan apa yang ingin dia lakukan," sambungnya.

Biden diketahui telah meminta dana sebesar USD 61,4 miliar untuk Ukraina, dengan alasan bahwa mendukung mitra AS sangat penting bagi keamanan nasional. Namun sekitar setengah dari dana tersebut akan dibelanjakan untuk mengisi kembali stok senjata AS yang terkuras.

Menurut Austin, pemerintahan Biden ingin Ukraina melanjutkan operasinya selama musim dingin, tetapi Kyiv tidak dapat melakukan hal itu jika dukungan AS berkurang.

Terlebih para pejabat militer Kyiv mengatakan, Rusia telah mengerahkan pasukannya di sekitar kota Bakhmut yang hancur di Ukraina timur dan telah mengalihkan pasukannya dari pertahanan ke serangan. Namun Ukraina telah bersiap untuk menghalau serangan tersebut.sinpo

Komentar: