Lahan Milik TNI di Bekasi Ini dikelola untuk Gerakan Ketahanan Pangan

Laporan: Sinpo
Rabu, 01 November 2023 | 09:39 WIB
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengecek lahan untuk Gerakan Nasional Ketahanan Pangan, di Bekasi, Selasa 31 Oktober 2023 kemarin. (SinPo.id/dok TNI)
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengecek lahan untuk Gerakan Nasional Ketahanan Pangan, di Bekasi, Selasa 31 Oktober 2023 kemarin. (SinPo.id/dok TNI)

SinPo.id -  Sebuah lahan milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) di desa  Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten  Bekasi, Jawa Barat, dimanfaatkan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat lewat program gerakan nasional ketahanan pangan. Lahan itu merupakan salah satu lokasi terbesar yang dimiliki TNI seluas 43 hektare.

“Lahan pertanian milik Korem 051/Wijayakarta yang berada di Desa Wanajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat,” ujar  Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (P) Agung Saptoadi, dalam pernyataan resmi diterima SinPo.id, Rabu 1 November 2023.

Menurut Agung, lahan itu dicek langsung Panglima TNI Laksamana Yudo Margono pada selasa 31 Oktober 2023 kemarin, untuk kelancaran pelaksanaan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan.

Lahan tersebut telah dikelola menjadi areal persawahan yang tidak mengenal musim tanam dan panen. Juga ditanami tanaman produktif seperti kelengkeng, anggur, melon, semangka dan tanaman lainnya.  “Selain itu, dibangun area peternakan seperti sapi, domba dan unggas hingga kolam ikan dan UMKM,” ujar Agung menambahkan.

Rencananya, dilahan tersebut akan dijadikan contoh bagi wilayah lain dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional. Dan rencana akan ditinjau oleh Wakil Presiden Republik Indonesia.

TNI telah memanfaatkan secara maksimal lahan-lahan yang dimiliki menjadi lahan bermanfaat dan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. Agung mengatakan gebrakan yang dilakukan Laksamana Yudo Margono, di seluruh jajaran TNI dari Sabang sampai Merauke telah terbangun di 385 lokasi diolah tiga matra di bawah kendali Asisten Teritorial Panglima TNI.

“Sedangkan kehadiran panglima kemarin untuk memastikan kesiapan dan kelancaran pelaksanaan Ketahanan Pangan TNI yang akan dihadiri Wakil Presiden RI Ma'aruf Amin,” ujar Agung menjelaskan.sinpo

Komentar: