Jokowi Undang 3 Capres Makan Siang, Maruarar: Sikap Kenegarawanan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 30 Oktober 2023 | 13:56 WIB
Maruarar Sirait (Sinpo.id/DPR)
Maruarar Sirait (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id -  Maruarar Sirait menyambut baik langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengundang tiga capres di Pilpres 2024 untuk makan siang bersama. Sikap ini disebut bentuk kenegarawanan dari Jokowi.

"Saya tentu senang usulan saya didengar Pak Jokowi. Ini menunjukkan jiwa kenegarawanan sangat tinggi, bagus juga untuk membuat iklim sejuk di Indonesia," kata Maruarar kepada wartawan, Jakarta, Senin, 30 Oktober 2023.

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) ini mengaku sebagai salah satu pihak yang mengusulkan agenda makan bareng Kepala Negara bersama tiga capres. Dia menilai keputusan Jokowi yang menerima usulan itu menunjukkan sikap politik yang menyenangkan rakyat.

"Bayangkan kalau Mas Prabowo, Mas Ganjar, Mas Anies ngumpul bareng, ngopi atau makan sama Pak Jokowi. Rakyat senang, sejuk," katanya.

Maruarar mendukung apa yang dilakukan Kepala Negara. Bagi dia, pemilu memang seharusnya memperkuat bangsa dan negara bukan menceraikan.

"Jangan selalu pemilu memisahkan kita, menceraikan kita, tapi justru persaingan sehat," katanya.

Sebelumnya, Tenaga Ahli Utama Kepala Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin, mengungkap rencana Jokowi bertemu tiga capres. Dia menyebut langkah ini diambil Jokowi untuk membangun pemilu yang sejuk.

"Diatur, sedang diatur. Sebagai Kepala Negara, Kepala Pemerintahan, penting untuk Presiden menyampaikan hal-hal yang kira-kira ikut menyejukkan kepentingan politik tanah air dalam masa-masa kampanye nanti, sosialisasi dan lain-lain," kata Ngabalin beberapa waktu lalu.

sinpo

Komentar: