Mentan Amran Diharapkan Dapat Terus Jaga Ketahanan Pangan Dalam Negeri

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 26 Oktober 2023 | 09:29 WIB
Mentan Amran Sulaiman (Sinpo.id/Antara Foto)
Mentan Amran Sulaiman (Sinpo.id/Antara Foto)

SinPo.id -  Ketua DPR RI, Puan Maharani mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian (Mentan). Menurutnya, ada banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Mentan dalam tugasnya.

Salah satu pekerjaan rumah Mentan yakni menjaga ketahanan pangan di tengah ancaman krisis pangan global. Terutama upaya untuk meningkatkan produktivitas pertanian demi menjaga stabilitas harga pangan di pasaran.

"Saat ini kita ketahui harga kedelai tengah naik, yang berimbas harga tahu tempe pun ikut naik. Jadi prioritas utama adalah menjaga ketahanan pangan dalam negeri yang dapat dilakukan dengan meningkatkan setiap produksi komoditi pertanian," kata Puan, dikutip Kamis 26 Oktober 2023.

Selain itu, program-program kedaulatan pangan juga harus semakin digalakkan demi terciptanya kemandirian pangan. Mengingat Indonesia masih merasakan imbas dari melemahnya rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang menyebabkan harga sejumlah komoditas pangan ikut naik. 

Sehingga dengan memaksimalkan program kedaulatan pangan, maka Indonesia tidak lagi bergantung pada produk-produk impor yang dapat dipengaruhi oleh kondisi perekonomian dunia. 

Kemudian, Puan mendorong program-program untuk meningkatkan kesejahteraan bagi petani Indonesia, dengan membuat kebijakan yang dapat mendukung kemajuan bagi petani. Karena kesejahteraan petani adalah prioritas.

"Agar bagaimana setiap program yang diinisiasi Pemerintah dapat meningkatkan pendapatan petani, seperti harga yang adil untuk produk pertanian mereka, akses yang lebih baik ke pasar, dan pembiayaan pertanian yang terjangkau,” terangnya.sinpo

Komentar: