KPU Siap Menyambut Capres-Cawapres di Hari Pertama Pendaftaran Pilpres

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 19 Oktober 2023 | 09:37 WIB
Kantor KPU RI (Sinpo.id/Khaerul Anam)
Kantor KPU RI (Sinpo.id/Khaerul Anam)

SinPo.id -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI siap menyambut bakal pasangan capres-cawapres yang akan mendaftar di hari pertama pendaftaran calon peserta Pilpres 2024 pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Dari tiga bakal pasangan calon yang akan berkompetisi, dua di antaranya dijadwalkan mendaftarkan diri ke KPU RI di hari pertama. Mereka, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Kedua, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Sejak pagi, terpantau sudah ada ribuan massa memadati kawasan Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. Sehingga, polisi dan petugas keamanan setempat membatasi orang-orang yang ingin masuk ke dalam Kantor KPU RI.

Tak hanya itu, KPU memperketat pengawasan di gerbang utama. Massa yang ingin masuk wajib menunjukkan kartu identitas khusus.

Kemudian, tepat di depan gerbang di bagian dalam Kantor KPU RI, tamu undangan wajib menjalani pemeriksaan tubuh dan barang-barang yang dibawa melalui alat pendeteksi x-ray.

Berdasarkan jadwal, pasangan Anies-Muhaimin akan mendaftar pada pukul 08.00 WIB. Selanjutnya, KPU juga menjadwalkan pendaftaran bakal pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada pukul 11.00 WIB.

Di halaman dalam Kantor KPU RI, disediakan panggung dan tribun untuk pasangan bakal capres-cawapres menyampaikan pidato. Di lokasi itu juga, akan digelar jumpa pers usai mendaftar.

Sementara itu, area pendaftaran akan ditempatkan di Lantai 2 Kantor KPU RI. Massa yang diperbolehkan masuk ke ruang pendaftaran juga dibatasi.

Untuk media, hanya pewarta foto dan juru kamera TV yang diperkenankan meliput di lokasi tersebut.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI