Tanggapi Konflik Palestina-Israel, Putin: Ini Kegagalan dari Kebijakan AS di Timur Tengah

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 12 Oktober 2023 | 09:16 WIB
Putin pertemuan dengan Perdana Menteri Irak Mohammed Shia’ Al Sudani (Sinpo.id/Gettyimages)
Putin pertemuan dengan Perdana Menteri Irak Mohammed Shia’ Al Sudani (Sinpo.id/Gettyimages)

SinPo.id -  Presiden Rusia, Vladimir Putin menanggapi konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas menyusul serangkaian serangan yang dilakukan oleh Hamas secara mendadak.

Respon terhadap perang Israel dan Palestina tersebut ia sampaikan melalui pidatonya dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Irak Mohammed Shia’ Al Sudani.

“Saya pikir banyak orang akan setuju dengan saya bahwa ini adalah contoh nyata kegagalan kebijakan AS di Timur Tengah,” kata Putin pada pertemuan tersebut. Dilansir dari Fox News, Kamis 12 Oktober 2023.

"Mereka (AS) selalu mengemukakan gagasan tentang kebijakan apa yang harus dilakukan untuk menghentikan perang, dan menekan kedua belah pihak. Namun, setiap kebijakan dibuat tanpa mempertimbangkan kepentingan mendasar rakyat Palestina," sambungnya.

Sebelumnya, kelompok Islam Hamas di Jalur Gaza melakukan serangan multi-front yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel.

Mereka menembakkan ribuan roket ketika menyusup ke perbatasan yang dijaga ketat di beberapa lokasi melalui udara, darat dan laut.

Menanggapi amukan para pejuang Hamas tersebut, Israel secara resmi langsung menyatakan perang terhadap Hamas dan memberikan lampu hijau untuk mengambil langkah militer yang signifikan.sinpo

Komentar: