Dua Orang Tewas Akibat Serangan Beruang Grizzly di Taman Nasional Kanada

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 02 Oktober 2023 | 11:46 WIB
Beruang Grizzly yang dirawat Taman Nasional Banff (Sinpo.id/Banff & Lake Louise Tourism)
Beruang Grizzly yang dirawat Taman Nasional Banff (Sinpo.id/Banff & Lake Louise Tourism)

SinPo.id -  Seekor beruang grizzly menyerang dan membunuh dua orang, beserta anjing mereka di Taman Nasional Banff Alberta, Kanada. Insiden itu diketahui saat pihak Taman Nasional mendapatkan alarm peringatan adanya serangan beruang.

Peringatan tersebut diterima pada Jumat malam, dari perangkat GPS yang menunjukkan adanya serangan beruang di Lembah Sungai Rusa Merah di sebelah barat Peternakan Ya Ha Tinda di Taman Nasional Banff.

"Korbannya adalah pasangan asal Kanada dan anjing mereka," kata Kim Titchener, pendiri Bear Safety and More, dilansir dari Reuters, Senin 2 Oktober 2023.

Menurutnya, pertemuan antara beruang dan manusia di sekitar wilayah Taman nasional meningkat lantaran semakin banyak orang yang memilih keluar rumah. Namun serangan yang fatal sangat jarang terjadi.

“Itulah alasan mengapa kita melihat lebih banyak serangan, yaitu karena semakin banyak orang keluar rumah, dan sayangnya tidak diberi pendidikan mengenai hal ini,” ungkapnya seraya bahwa hanya 14 persen serangan beruang grizzly di seluruh dunia yang menyebabkan kematian.

Seperti diketahui, penampakan beruang meningkat selama musim gugur. Pasalnya, mereka menjadi lebih aktif mencari makanan sebelum berhibernasi di bulan-bulan musim dingin.

Terlebih Taman Nasional Banff, yang menarik lebih dari empat juta wisatawan setiap tahunnya, adalah rumah bagi beruang grizzly dan beruang hitam.
sinpo

Komentar: