Kereta Cepat Jakarta-Bandung Masih Gratis Hingga Pertengahan Oktober

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 02 Oktober 2023 | 11:51 WIB
Kereta cepat Jakarta-Bandung (Sinpo.id/KCIC)
Kereta cepat Jakarta-Bandung (Sinpo.id/KCIC)

SinPo.id -  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) 'Whoosh' masih akan digratiskan hingga pertengahan Oktober 2023.

Hal itu disampaikan Luhut saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Halim, Jakarta Timur.

"Berkat tingginya rasa penasaran masyarakat terhadap uji coba gratis KCJB, maka kami bersepakat hingga pertengahan Oktober, pengoperasian kereta api cepat Jakarta Bandung masih tidak digunakan biaya atau gratis," kata Luhut dalam ketetangannya, Senin, 02 Oktober 2023.

Luhut mengatakan pihaknya melihat antusiasme dari masyarakat yang luar biasa saat dibukanya uji coba KCJB Whoosh selama tiga minggu. Ia menyampaikan, uji coba juga berjalan dengan aman dan nyaman berkat kehandalan sistem yang telah teruji.

"Kita melihat rasa antusias yang luar biasa. Di mana masyarakat diajak untuk merasakan sendiri kemanfaatannya," ujarnya.

Luhut berharap, keberadaan Whoosh dapat memberikan manfaat besar bagi Indonesia. Termasuk, terjadinya transfer teknologi yang mutakhir. Utamanya di bidang konstruksi dan modernisasi sistem perkeretapian.

"Mulai dari penciptaan lapangan kerja, terutama bagi masyarakat lokal, menghasilkan multiplier effect bagi moda transportasi lainnya atau kendaraan feeder, serta menciptakan pertumbuhan ekonomi yang dilintasi oleh jalur kereta api cepat," papar Luhut.

"Ke depannya kami berharap Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung akan mendorong masyarakat untuk lebih menggunakan transportasi umum dalam rangka mengurangi emisi karbon dari sektor kendaraan pribadi," tandasnya.
sinpo

Komentar: