Survei Indikator: Kejagung Jadi Lembaga Penegak Hukum Paling Dipercaya Publik

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 01 Oktober 2023 | 12:48 WIB
Kantor Kejaksaan Agung RI (Sinpo.id/Setkab)
Kantor Kejaksaan Agung RI (Sinpo.id/Setkab)

SinPo.id -  Survei terbaru Indikator Politik Indonesia bahwa Kejaksaan Agung (Kejagung) masih menyandang predikat sebagai lembaga penegak hukum (LPH) yang paling dipercaya publik, dengan tingkat kepercayaan sebesar 76 persen.

"Ada 76 persen responden yang percaya kerja Kejaksaan Agung dalam penegakan hukum,” kata peneliti utama Indikator Politik Indonesia Rizka Halida dalam keterangannya dikutip Minggu, 1 Oktober 2023.

Menurut dia, tingginya tingkat kepercayaan publik berhasil dipertahankan Kejagung dan tetap menjadikan Korps Adhyaksa itu sebagai lembaga penegak hukum paling dipercaya publik.

Adapun secara keseluruhan survei lembaga negara, Kejagung diera Jaksa Agung ST Burhanuddin berada di peringkat ketiga dengan tingkat kepercayaan sebesar 76 persen.

Lembaga negara yang mendapatkan tingkat kepercayaan publik tertinggi ditempati TNI dengan 93 persen, dan disusul Presiden 91 persen.

Survei Indikator Politik Indonesia dilakukan dalam rentang waktu 25 Agustus-3 September 2023 dengan menggunakan metode random sampling.

Survei itu melibatkan sebanyak 1.200 responden dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen dan toleransi kesalahan sekitar 2,9 persen.sinpo

Komentar: