Siswi SD Jatuh dari Lantai Empat, DPRD DKI Soroti Keamanan Sekolah

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 27 September 2023 | 19:38 WIB
Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DKI Jakarta Basri Baco (SinPo.id/ Khaerul Anam)
Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DKI Jakarta Basri Baco (SinPo.id/ Khaerul Anam)

SinPo.id - DPRD Provinsi DKI Jakarta menyoroti keamanan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 06 Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, usai insiden seorang siswi terjatuh dari lantai empat.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DKI Jakarta Basri Baco menyebut persoalan ini menjadi perhatian khusus. Sebab, konsep sekolah di Jakarta kedepan akan menerapkan konsep gedung tinggi.

"Faktanya ada siswa jatuh. Artinya apa? Sekolah itu tidak punya pengamanan terhadap anak. Seharusnya udah terpikirkan, ini harus jadi perhatian khusus karena konsep sekolah kita ke depan tinggi-tinggi semua," kata Basco kepada awak media di Jakarta, Rabu 27 September 2023.

Basco mengatakan, walau sebelumnya beredar kabar bahwa siswi tersebut jatuh karena adanya perundungan atau bullying dari teman di sekolahnya.

Akan tetapi, anggota DPRD Komisi E ini mengatakan, aksi perundungan tersebut tidak akan mengakibatkan korban melompat apabila gedung sekolah tesebut memenuhi standar.

"Seharusnya mau di-bully atau tidak di-bully atau anak mau coba lompat tetap tidak bisa karena standar keamanannya, tidak bisa itu terjadi," ujarnya.

Lebih lanjut, Basco juga berharap kepada pihak sekolah agar dapat mendeteksi lebih dini potensi adanya praktik perundungan yang dilakukan di lingkungan sekolah.

"Pihak sekolah harus mendeteksi, itu kan kita udah larang gak ada lagi praktik bullying terhadap anak anak. Enggak boleh ini terjadi," katanya.

"Kalaupun ada harus diantisipasi. Dan pihak sekolah terutama (guru) BP-nya juga harus juga mendeteksi kira-kira mentalnya enggak kuat hadapin bully. Sekarang itu aja," tandasnya.sinpo

Komentar: