Ada Arsul Sani, Ini Delapan Nama Calon Hakim Konstitusi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 22 September 2023 | 18:55 WIB
Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Komisi III DPR RI akan menggelar uji kelayakan atau fit and proper test terhadap delapan calon hakim konstitusi pekan depan. Dari kedelapan calon itu, terdapat nama Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani.

Berdasarkan dokumen, uji kelayakan tersebut akan berlangsung selama dua hari, yakni pada Senin, 25 September 2023, dan Selasa, 26 September 2023. Di hari terakhir, Komisi III DPR akan mengambil keputusan pemilihan dan penetapan calon hakim konstitusi dari unsur DPR RI ini.

"Iya benar, kami akan melakukan fit and proper test calon hakim MK minggu depan," kata Wakil Ketua Komisi III DPR Habiburokhman kepada wartawan, Jakarta, Jumat, 22 September 2023.

Menurutnya, Komisi III DPR akan mencari satu nama untuk menggantikan Wahiduddin Adams. "Kami akan memilih satu putra terbaik bangsa sebagai hakim MK menggantikan Pak Wahiduddin Adams," ujarnya.

Habiburokhman memastikan proses uji kelayakan calon hakim MK transparan. Dia mengatakan publik bisa menyampaikan langsung masukan-masukannya secara tertulis.

"Proses akan berlangsung terbuka dan transparan. Kami persilakan masyarakat untuk menyaksikan acara tersebut secara langsung dan sekaligus bisa juga menyampaikan masukan secara tertulis," ujar dia.

Berikut ini nama-nama calon hakim MK yang akan diuji DPR;

1. Reny Halida Ilham Malik
2. Firdaus Dewilmar
3. Elita Rahmi
4. Aidul Fitriciada Azhari
5. Putu Gede Arya
6. Abdul Latif
7. Haridi Hasan
8. Arsul Sani.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI