Pedagang Tanah Abang Kalah Dengan Tiktoker, Misbakhun : Perlu Belajar Pemasaran Digital

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 22 September 2023 | 14:20 WIB
Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id -  Pedagang pasar Tanah Abang dinilai perlu belajar pemasaran digital agar meningkatkan daya saing penjualan. Hal itu dinilai penting agar dapat memasarkan produknya tak hanya di pasar tradisional, tetapi juga di pasar digital.

"Saya kira perlu edukasi (pemasaran digital) dari pemerintah mencari jalan keluar membantu pedagang Tanah Abang ini mengkreasikan pemasaran mereka,” ujar anggota Komisi XI DPR RI, Mukhamad Misbakhun, Jumat 22 September 2023.

Misbakhun mengatakan, pelatihan pemasaran digital juga untuk mempertahankan keberadaan pasar legendaris Tanah Abang agar tak tutup karena kalah bersaing.

Selain memberikan pelatihan pemasaran secara didigital, Misbakhun juga menyarankan agar persaingan dagang antara pasar tradisional dan pasar digital harus diatur dalam regulasi.

"Keluhan-keluhan mereka harus menjadi perhatian pemerintah, karena pedagang Tanah Abang ini mempunyai sistem distribusi ke seluruh pelosok,” ujar Misbakhun menambahkan.

Menurut Misbakhun, para pedagang pasar Tanah Abang juga menghidupi industri, sebagai salah satu mata rantai perdagangan, dan mempekerjakan banyak ribuan pegawai serta buruh.

Tercatat para pedagang Tanah Abang akhir-akhir ini mengeluhkan sepinya dagangan mereka karena pembeli lebih memilih berbelanja melalui pasar digital, yang dianggap telah menggerus bisnis mereka di pasar fisik.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI