Puan Sebut Koalisi Parpol Masih Punya Waktu Tentukan Cawapres

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 21 September 2023 | 17:21 WIB
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (SinPo.id/ Ashar)
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyebut masih ada waktu bagi koalisi partai politik (parpol) untuk menentukan bakal calon wakil presiden (cawapres).

Pemajuan jadwal pendaftaran pasangan calon (paslon) presiden dan cawapres menjadi tanggal 19-25 Oktober 2023 tak memengaruhi strategi koalisi, termasuk PDIP dalam menentukan cawapres.

"(Bakal) capres yang belum mengumumkan (bakal) cawapresnya masih ada waktu untuk kemudian nanti diumumkan pada waktu yang tepat," kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 21 September 2023.

Puan menyatakan masih ada waktu sekitar satu bulan menuju pendaftaran pasangan capres-cawapres.

"Dengan sudah disepakatinya pendaftaran capres dan cawapres, yaitu tanggal 19-25 Oktober, kan waktunya masih panjang," kata dia.

Sebelumnya, Komisi II DPR RI bersama Kemendagri, KPU RI, Bawaslu RI, dan DKPP RI menyetujui jadwal pendaftaran pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden (wapres) Pemilu 2024 dimulai pada 19-25 Oktober 2023.

Opsi yang termuat dalam rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden itu disepakati dalam rapat konsultasi yang digelar Komisi II DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu malam, 20 September 2023.

"Jadi 19 sampai 25 Oktober kita sepakat ya? Oke," kata Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia saat memimpin rapat.

"Setuju," jawab peserta rapat.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI