Jokowi Letakkan Batu Pertama Pembangunan Hotel Nusantara di IKN

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 21 September 2023 | 17:38 WIB
Presiden Joko Widodo saat groundbreaking pembangunan Hotel Nusantara di IKN (SinPo.id/ Setpres)
Presiden Joko Widodo saat groundbreaking pembangunan Hotel Nusantara di IKN (SinPo.id/ Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau ground breaking pembangunan Hotel Nusantara di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Jokowi menyebut, Hotel Nusantara yang akan berdiri di Ibu Kota baru itu merupakan hotel berstatus bintang lima.

"Pada sore hari ini ground breaking Hotel Nusantara Bintang Lima, secara resmi saya nyatakan dimulai," kata Jokowi dalam keterangannya, Kamis, 21 September 2023.

Sejumlah pengusaha tanah air yang tergabung kedalam Konsorsium penanaman modal dalam negeri turut hadir dalam rangkaian groundbreaking ini.

Para investor tersebut diantaranya konsorsium Grup Agung Sedayu Group, Indofood, Sinarmas, Pulauintan, Adaro, Barito Pacific, Astra, Mulia Group, dan Kawan Lama Group.

"Pak Aguan, Pak Franky (Franky Wijaya), Pak Prajogo (Prajogo Pangestu), Pak Eka Tjandra (Eka Tjandranegara), Pak Boy Tohir, Pak Kuncoro Wibowo, Pak Joko Susanto, dan yang lain," ujarnya.

Mantan Walikota Solo itu mengatakan, kehadiran para investor tanah air itu akan memberikan rasa percaya diri bahwa IKN diminati para investor.

"Beliau-beliau ini kan orang yang sangat sibuk. Sangat sibuk mau jauh-jauh ke sini pasti mau nonton, beneran nggak sih Nusantara itu, bagus ndak sih Nusantara ini, pasti akan memastikan itu dan nggak mungkin beliau-beliau ini mau mulai dengan Rp 20 triliun kalau nggak ada cuannya. Dipikir beliau ini adalah lembaga sosial, bukan. Datang menanamkan modalnya pasti akan mencari keuntungan sebesar-besarnya dan itu wajar," papar Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan setelah hotel Nusantara, dalam beberapa hari kedepan juga akan dilakukan ground breaking sejumlah proyek pembangunan di IKN.

Kegiatan tersebut antara lain ground breaking untuk Indogrosir, rumah sakit, beberapa hotel dan training center (pusat latihan) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

"Hari ini akan kita groundbreaking hotel Nusantara bintangnya bintang 5 bukan bintang 4. Kemudian besok groundbreaking lagi ada indogrosir, ada rumah sakit, ada hotel lagi. Dan juga ada training centernya PSSI yang juga akan kita groundbreaking," tandasnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI