Jet Tempur F-35 Milik Militer AS Hilang, Pencarian Terus Dilakukan

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 19 September 2023 | 11:39 WIB
Jet tempur F-35. (SinPo.id/AFP)
Jet tempur F-35. (SinPo.id/AFP)

SinPo.id - Militer Amerika Serikat (AS) menyatakan bahwa pencarian jet tempur F-35 milik Amerika Serikat (AS) yang dinyatakan hilang masih terus dilakukan. Namun kegagalan melacak pesawat tersebut menimbulkan pertanyaan, keheranan, dan cemoohan dari publik.

Menanggapi itu, pangkalan Gabungan Charleston mengatakan pada Senin sore bahwa mereka sedang bekerja dengan divisi militer lain dan otoritas AS untuk mencoba menemukan lokasi F-35B Lightning II, melalui jalur darat dan udara.

“Kami menghargai dukungan yang kami terima dari mitra misi kami dan setiap organisasi yang terlibat, karena tim terintegrasi sedang mencari dan mempersiapkan pemulihan jet tersebut,” kata pangkalan Gabungan Charleston dalam sebuah pernyataan. Dilansir dari Al Jazeera, Selasa 19 September 2023.

Pihaknya juga mengatakan, pencarian dipusatkan di sekitar dua danau besar di utara kota Charleston, yakni Danau Moultrie dan Danau Marion, yang menunjukkan kemungkinan pesawat tersebut jatuh.

Sementara menurut pihak pabrik jet tempur F-35, Lockheed Martin, keunggulan utama dari jet tersebut adalah hampir tidak mungkin dilacak dengan radar dan dilengkapi dengan sensor canggih serta perlengkapan lainnya.

Sebelumnya, F-35 menghilang di Carolina Selatan pada hari Minggu setelah pilotnya melontarkan diri karena alasan yang tidak diketahui. Hal itu membuat pangkalan Gabungan Charleston mengeluarkan seruan di media sosial agar siapa pun yang memiliki informasi terkait keberadaan pesawat tersebut untuk menelepon.

Meski demikian, pilot tersebut terjun dengan selamat ke lingkungan North Charleston, meninggalkan F-35 yang terbang tanpa awak dan menghilang.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI