Demokrat Tentukan Dukungan Capres Senin Besok

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 15 September 2023 | 19:04 WIB
Ketua Dewan Kehormatan Demokrat Hinca Panjaitan (SinPo.id/ Parlementaria)
Ketua Dewan Kehormatan Demokrat Hinca Panjaitan (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id - Partai Demokrat memastikan segera menentukan sikap politiknya untuk Pilpres 2024. Sikap partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu paling lambat ditentukan pekan depan.

"Senin (Senin, 18 September 2023) kita tentukan," kata Ketua Dewan Kehormatan Demokrat Hinca Panjaitan kepada SinPo.id, Jakarta, Jumat, 15 September 2023.

Menurut Hinca, keputusan merapat ke koalisi partai politik (parpol) yang sudah terbentuk sekarang akan ditentukan melalui rapat Majelis Tinggi Partai (MTP). 

"Rapat MTP hari Senin," tegas dia.

Dia tak menjelaskan detail yang akan dibahas dalam rapat MTP tersebut. Termasuk, arah dukungan Demokrat ke calon presiden (capres) Prabowo Subianto atau Ganjar Pranowo.

Sebelumnya, Demokrat menyatakan mundur dari KPP. Dengan begitu, Demokrat tak lagi menjadi partai politik (parpol) pendukung Anies.

Hengkangnya Demokrat itu dipicu oleh keputusan Partai NasDem dan Anies Baswedan yang memilih Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai cawapres untuk Pilpres 2024. Demokrat menyebut keputusan memilih Cak Imin sebagai cawapres itu dilakukan secara sepihak, tidak ada komunikasi yang dilakukan NasDem dan Anies kepada anggota Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

BERITALAINNYA
BERITATERKINI