Jokowi Yakin AI Tak Dapat Kalahkan Manusia

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 15 September 2023 | 15:07 WIB
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/Setkab)
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/Setkab)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh masyatakat untuk tidak takut dengan teknologi Artificial Intelligence (AI). Jokowi meyakini manusia tetap akan lebih unggul dibandingkan teknologi canggih.

"Ini saya minta sekali lagi jangan alergi dengan teknologi, jangan takut dengan AI," kata Jokowi Pada Sidang Terbuka Dies Natalis ke-60 Institute Pertanian Bogor (IPB) di Kampus IPB, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat, 15 September 2023.

Jokowi mengatakan, di beberapa forum besar seperti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7, G20, hingga ASEAN semua negara membicarakan mengenai teknologi AI.

"Takut sekali semua negara mengenai AI. regulasi belum ada aturan main belum ada, AI nya terus lari terus berubah-ubah," ujarnya.

Atas dasar itu, Jokowi meminta kepada semua pihak untuk menyiapkan diri, namun tidak perlu takut dengan mesin cerdas dan teknologi AI. Melainkan dicarikan solusi supaya dijadikan sebagai pendorong pengembangan.

"Sekali lagi jangan takut dengan mesin cerdas, dengan AI teknologi tak akan bisa mengalahkan manusia percaya itu. karena mesin itu hanya punya chip, tapi manusia punya hati punya rasa mesin gak punya. dan saya percaya ciptaan Allah SWT akan selalu lebih unggul dan mulia," tandasnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI