Inovasi produksi pangan

Bantu Cegah Krisis Pangan, Ini Pesan Presiden Jokowi ke IPB

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 15 September 2023 | 13:41 WIB
Presiden Jokowi hadiri Dies Natalis ke-60 IPB (SinPo.id/Setkab)
Presiden Jokowi hadiri Dies Natalis ke-60 IPB (SinPo.id/Setkab)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong Institute Pertanian Bogor (IPB) berinovasi untuk mencegah terjadinya krisis pangan di Indonesia. Hal ini diungkapkan Jokowi dalam pidatonya pada Sidang Terbuka Dies Natalis ke-60 IPB di Kampus IPB, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Nah ini tugasnya IPB, Pak Rektor, urusan pangan ini sudah serahkan ke IPB. InsyaAllah rampung. Saya tunggu apa antisipasi kita, rencana dan pelaksanaannya harus seperti apa," kata Jokowi, Jumat 15 September 2023.

Jokowi menekankan, inovasi yang dihasilkan IPB harus di luar prediksi dan tidak biasa-biasa saja. Sehingga, ada kebaruan yang nyata untuk dapat segera diterapkan.

"Menurut saya belum bisa dibilang inovasi jika belum kita ini rada-rada gila, gitu, belum bisa dibilang inovasi jika kita belum dibilang out of mind. Belum bisa dibilang inovasi jika belum dibilang tidak mungkin. Karena inovasi semestinya memang bukan hal yang biasa-biasa saja," ujar Jokowi menegaskan.

Mantan Walikota Solo itu juga mengapresiasi atas inovasi yang dihasilkan IPS setelah ditunjukkan produk-produk yang dihasilkan kampus itu.

"Banyak sekali inovasi-inovasi yang menghilirkan, hilirisasi dari inovasi bisa masuk ke industri dan saya harus menyampaikan apa adanya, luar biasa,"  ujar Jokowi menambahkan.

Menurut Jokowi, berbagai produk dan inovasi yang dilakukan IPB untuk memenuhi pangan Indonesia ke depan agar mengurangi ketergantungan impor. Di antaranya cabai, beras khusus di lahan tandus yang bisa menghasilkan 12 ton. Termasuk garam, rumput laut.

“Ada macam-macam dengan kemasan-kemasan yang sudah sangat modern, dengan brand yang sangat kelihatan sekali digarap dengan sentuhan marketing yang sangat bagus," katanya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI