Heru Budi Tanam Pohon Buah Langka di Ciganjur, Ada Kecapi hingga Gowok

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 15 September 2023 | 15:47 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat menanam pohon di Ciganjur (SinPo.id/ PPID DKI)
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat menanam pohon di Ciganjur (SinPo.id/ PPID DKI)

SinPo.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memimpin penanaman pohon di Jalan Sirsak Rt 10/4 Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Heru menjelaskan, ada 100 jenis pohon buah langka yang ditanam di lahan seluas 9.000 meter persegi. Rencananya, areal kebun bibit itu akan dijadikan Mini Arboretum Tanaman Khas Jakarta.

"Tanaman yang ditanam ada berbagai macam, ada pohon kecapi, ada gowok, dan tanaman buah lainnya. Jadi tanaman-tanaman langka yang kita tanam," kata Heru dalam keterangannya, Jumat, 15 September 2023.

Heru menjelaskan, alasan memilih tanaman langka untuk ditanam yaitu agar dapat dilestarikan dan tidak punah. 

Selain itu, lahan tersebut akan dirawat Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, sehingga program yang telah dilakukan dapat berkesinambungan dan dirasakan dampaknya.

"Saya juga minta tanaman buah langka. Sehingga di sini lebih terawat, terkendali, lebih bisa diperhatikan dan dilestarikan," ujarnya.

Lebih lanjut, Heru mengungkapkan, kawasan kebun bibit tersebut juga dapat digunakan masyarakat untuk berolahraga. Ketika nanti tanaman sudah berbuah, maka masyarakat dapat langsung mengambil dari pohonnya tanpa dipungut biaya atau gratis.

"Setiap harinya, warga bisa datang ke sini, sambil lari pagi, olahraga. Mereka bisa melihat seperti apa pohon kecapi, gowok, dan lainnya. Kalau sudah berbuah, mereka bisa ambil buahnya, gratis," tandasnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI