pencemaran udara

Udara Jakarta di Level Terburuk Kedua Dunia

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 15 September 2023 | 08:40 WIB
Kota Jakarta (SinPo.id/Beritajakarta)
Kota Jakarta (SinPo.id/Beritajakarta)

SinPo.id -  DKI Jakarta menempati peringkat kedua kota dengan kualitas udara terburuk di antara kota besar di dunia pagi ini, Jumat 15 September 2023. Peringkat pertama kota dengan kualitas udara paling buruk di dunia ditempati Dubai, Uni Emirat Arab, dengan indeks kualitas udara mencapai angka 179 US AQI US.

Data tersebut diambil berdasarkan parameter kualitas udara IQAir pada pukul 08.00 WIB. Indeks kualitas udara Jakarta berada di angka 162 US Air Quality Index (AQI US).

Dalam laporannya IQAir menyebut polutan utama berukuran PM2.5 dengan konsentrasi 76.6 µg/m³. Angka Konsentrasi itu 15.3 kali nilai panduan kualitas udara tahunan World Health Organization (WHO).

Warga DKI Jakarta dan sekitarnya disarankan untuk menggunakan masker apabila akan beraktivitas di luar rumah atau outdoor.

Selain itu, masyarakat juga disarankan untuk menghindari aktivitas outdoor. Juga menutup jendela untuk menghindari udara luar yang kotor serta nyalakan penyaring udara.

Sementara itu, suhu di Jakarta adalah 28 derajat celsius dengan kelembapan 63 persen, gerak angin 11.1 km/h, dan tekanan sebesar 1015 milibar.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI