Percepat Pembangunan PSN, Pemerintah Kejar 68 Proyek Insfrastruktur Prioritas

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 14 September 2023 | 13:19 WIB
Ketua Umum DPP Partai Golkar Hartarto (Ashar/SinPo.id)
Ketua Umum DPP Partai Golkar Hartarto (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id -  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, sekaligus Ketua Tim Komite Percepatan Penyediaan Infrastuktur Prioritas (KPPIP) mengatakan, masih terdapat 68 proyek insfrastruktur prioritas yang masih harus diselesaikan. Sedangkan serta 31 proyek Sebagian sudah beroperasi dari sembilan program yang direncanakan.

"Sekarang masih ada 68 proyek yang harus diselesaikan dalam tahap konstruksi dan 31 proyek plus Sembilan program telah beroperasi sebagian," ujar Airlangga, dikutip Kamis 14 September 2023.

Ia mengatakan pemerintah terus gencar mempercepat pembangunan infrastruktur melalui Proyek Strategis Nasional (PSN), sebagai dukungan agenda transformasi ekonomi nasional menuju Indonesia Emas 2045.

Airlangga mengatakan, dalam delapan tahun terakhir terdapat 161 PSN yang selsai dibangun dengan nilai investasi mencapai Rp1.134,9 triliun.

“Proyek yang telah rampung itu mencakup kawasan industri, pariwisata, perdagangan, residensial, jalan dan jembatan, energi, bandar udara, smelter, hingga pengembangan ekosistem kendaraan listrik,” ujar Airlangga menambahkan.

Ia menjelaskan, capaian impresif pembangunan PSN tersebut didukung berbagai kemudahan mulai dari perizinan tata ruang, pengadaan lahan, jaminan pemerintah (sovereign guarantee), dan dukungan penyelesaian kendala (debottlenecking) oleh KPPIP.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo, menyampaikan PSN telah mampu memberikan dampak bagi perekonomian nasional dan meningkatkan daya saing, sehingga penyelesaian berbagai proyek lainnya diharapkan dapat dilaksanakan hingga tahun 2024 mendatang.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI