Buka Pameran Mebel Internasional, Jokowi Sarankan Pengusaha Gunakan E-Katalog

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 14 September 2023 | 11:59 WIB
Presiden Jokowi membuka acara International Furniture & Craft Fair Indonesia (IFFINA) 2023 (SinPo.id/Setkab)
Presiden Jokowi membuka acara International Furniture & Craft Fair Indonesia (IFFINA) 2023 (SinPo.id/Setkab)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mendorong agar produk mebel Indonesia merajai di dalam negeri sendiri. Jokowi merasa produk-produk mebel dari luar negeri saat ini telah membanjiri pasar Indonesia.

"Pemerintah terus mendorong agar pasar di dalam negeri tidak dikuasai produk-produk mebel dari luar,” kata Jokowi saat membuka acara International Furniture & Craft Fair Indonesia (IFFINA) 2023 di ICE BSD, Tangerang, Kamis 14 September 2023.

Jokowi menghimbau Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) agar memasukkan semua produksi mebel di dalam negeri ke dalam e-katalog.  

Hal itu agar produk mebel dalam negeri tersebut dapat diserap oleh belanja pemerintah pusat, daerah maupun BUMN. "Kalau kita gabung belanja APBN, APBD, maupun BUMN belanja di 2023 itu sudah mencapai Rp1.236 triliun," ujar Jokowi menambahkan.

Jokowi mengkritik, penggunaan anggaran untuk belanja tersebut banyak didominasi oleh furnitur impor. Sedangkan dengan dimasukkannya produk mebel dalam negeri ke dalam sistem e-katalog, mantan Walikota Solo itu berharap akan lebih memudahkan penyerapan dan pemasaran produk.

"Untuk itu segera masukan produk mebel kita ke e-katalog agar memudahkan," ujar Jokowi menegaskan.

Ia menyebut agar pengusaha mebel mau membuka untuk berpartner dan mengambil pasar di dalam negeri.

“Artinya memang bolanya ada di bapak- ibu (pengusaha mebel) semuanya,” katanya.

 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI