Izinkan Para Menteri Nyapres, Jokowi: Birokrasi Kita Sudah Mapan

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 11 September 2023 | 17:08 WIB
Presiden Joko Widodo saat meninjau gudang Bulog di Bogor (SinPo.id/ Setkab)
Presiden Joko Widodo saat meninjau gudang Bulog di Bogor (SinPo.id/ Setkab)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pemerintahan tidak akan terganggu jika para menteri di kabinetnya maju menjadi bakal calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Menurut Jokowi, sistem birokrasi di Indonesia sudah mapan. Sehingga, jalannya pemerintahan tidak akan terganggu karena adanya pencalonan beberpa menteri.

"Sistem birokrasi kita ini sudah mapan," kata Jokowi usai meninjau Gudang Bulog di Dramaga, Kabupaten Bogor, Senin, 11 September 2023.

Jokowi mengaku mengizinkan para menterinya untuk maju dalam kontestasi Pilpres 2024. Menurutnya, menteri yang maju sebagai capres atau cawapres merupakan hal yang biasa dan pernah terjadi di pilpres sebelumnya.

“Diizinkanlah, dari dahulu-dahulu juga begitu,” ujarnya.

Akan tetapi, mantan Walikota Solo itu menegaskan bahwa ada tiga hal yang perlu diperhatikan jika para menteri akan menjadi peserta pemilu.

Pertama, para menteri tersebut tidak perlu mengundurkan diri dari jabatan apabila aturan menyatakan tidak harus mengundurkan diri.

Kedua, para menteri dilarang menggunakan fasilitas negara. "Aturannya seperti apa, kalau aturannya tidak boleh (mundur), tidak usah mundur ya enggak apa-apa. Yang paling penting tidak menggunakan fasilitas negara," ucap Jokowi.

"Kalau kampanye cuti. Aturannya jelas," tandasnya.

 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI