Harga Beras Melambung, DPR Soroti Warga yang Mengais Gabah Sisa Panen

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 11 September 2023 | 16:36 WIB
Ilustrasi warga mengais gabah (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi warga mengais gabah (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Anggota Komisi II DPR RI, Anak Agung Bagus Adhi atau yang akrab disapa Gus Adhi, menyoroti banyaknya warga kurang mampu yang mengais gabah sisa panen di sawah akibat melonjaknya harga bahan pokok, khususnya beras.

Menurutnya, Indonesia semestinya tidak kekurangan pangan hingga warganya harus menjalani pekerjaan sebagai pengais gabah. Untuk itu, pemerintah diminta benar-benar hadir dan mengatur tata niaga pangan dari desa. 

"Mari kita atur supply and demand pangan dari tingkat desa. Kehadiran penyuluh, teknologi dan pendampingan di segala sektor kita perkuat. Sehingga ketersediaan pangan benar-benar bisa dipantau di masing-masing desa,"kata Gus Adhi, dikutip Senin 11 September 2023.

Selain itu, ia juga menyarankan agar ada peningkatan peran kepala desa sebagai penggerak pertanian dan KUD sebagai bank tani, pengolah dan pengatur tata niaga pangan, agar Indonesia kembali sebagai negara agraris dan swasembada pangan.

"Kalau ada pergerakan secara masif saya berkeyakinan bangsa Indonesia kembali sebagai negara agraris dan swasembada pangan dan kita dapat terhindar dari praktek-praktek mafia pangan," ungkapnya.

Pasalnya, kata Gus Adhi, potensi pertanian dan SDM pertanian Indonesia saat ini masih dapat digerakkan lebih maksimal asalkan ada kehadiran pemerintah dalam regulasi, bantuan pendanaan modal, serta teknologi dan pendampingan pasca panen.

"Mari kita gerakan secara sungguh-sungguh pertanian kita untuk kebanggaan kita bersama dan untuk kesejahteraan masyarakat kita," katanya menambahkan.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI