Satgas Pengendalian Polusi Udara Ungkap Lebih Dari 1 Juta Kendaraan Sudah Uji Emisi

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 08 September 2023 | 23:33 WIB
Uji emisi kendaraan bermotor. (SinPo.id/Berita Jakarta)
Uji emisi kendaraan bermotor. (SinPo.id/Berita Jakarta)

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus mengupayakan langkah-langkah konkret dalam mempercepat penanganan polusi udara di Ibu Kota. Berbagai aksi telah diimplementasikan, baik dalam bentuk upaya jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Juru bicara satuan tugas (Satgas) Pengendalian Pencemaran Udara Pemprov DKI Jakarta Ani Ruspitawati menyampaikan, sejauh ini sudah terdapat 1.022.622 kendaraan roda empat dan 101.660 kendaraan roda dua telah melakukan uji emisi.

"Sementara tempat pelaksanaan uji emisi tersedia di 333 bengkel untuk kendaraan roda empat dan 107 bengkel untuk kendaraan roda dua," kata Ani dalam keterangannya, Jumat 8 September 2023.

Selain itu, penerapan tilang berbayar terhadap kendaraan yang belum dan tidak lulus uji emisi juga telah dilakukan bersama Polda Metro Jaya sejak 1 September 2023.

Untuk upaya jangka panjang, lanjut Ani, penanaman pohon dan tanaman terus digencarkan. Adapun progres penanaman pohon dan tanaman yang telah dilakukan sejak Oktober 2022 hingga Agustus 2023, yaitu telah ditanam sebanyak 224.758 pohon dan 5.683.835 tanaman.

"Selain itu, telah diterbitkan Surat Himbauan Wali Kota kepada para pemilik gedung di masing-masing wilayah kota untuk melakukan penanaman pohon minimal berdiameter 20 sentimeter dan tinggi 3 meter," ujarnya.

Selanjutnya, terkait kesiapan fasilitas kesehatan, Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan pelayanan kesehatan di 44 puskesmas di tingkat kecamatan, 284 puskesmas di tingkat kelurahan, dan 31 RSUD milik Pemprov DKI Jakarta yang melayani selama 24 jam.

"Masyarakat saat ini semakin sadar untuk segera memeriksakan kesehatannya ke fasilitas kesehatan yang tersedia sejak gejala masih ringan. Hal ini yang memungkinkan terjadinya peningkatan tren kasus ISPA di puskesmas," tandasnya.sinpo

Komentar: