Pemerintah dan Banggar DPR Sepakat Bawa RUU P2APBN 2022 ke Pembicaraan Tingkat II

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 07 September 2023 | 23:38 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SinPo.id/ Ashar)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Setelah menyelesaikan Pembahasan RUU tentang Pertanggungjawaban atas Pelaksanaan APBN (P2APBN) Tahun Anggaran 2022 pada Rapat Kerja Banggar DPR RI, Pemerintah dan Banggar sepakat membawa hasilnya pada Pembicaraan Tingkat II atau Pengambilan Keputusan di Rapat Paripurna.

Dalam raker tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, juga menyampaikan apresiasi atas dukungan DPR RI untuk kelancaran pembahasan RUU tersebut.

“Alhamdulillah hari ini kita telah menyelesaikan tahapan untuk pembahasan RUU P2APBN TA 2022. Kami atas nama Pemerintah menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dukungan seluruh Pimpinan dan Anggota Banggar," kata Menkeu, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis 7 September 2023.

Menurutnya, pembahasan RUU ini merupakan sebuah proses tata kelola keuangan publik yang sangat baik. Sehingga Seluruh kinerja keuangan negara pada tahun 2022 dalam Laporan Keuangan Pemerintah Pusat, dapat dirumuskan menjadi substansi dari RUU P2APBN TA 2022.

“Ini adalah sebuah proses tata kelola keuangan publik yang sangat baik dalam demokrasi yang juga berjalan sehat. Indonesia perlu untuk bangga dan mempertahankan sebuah proses akuntabilitas yang luar biasa baik ini,” ungkapnya.

Selain itu, Menkeu juga meyakini seluruh rekomendasi yang menyangkut langkah-langkah perbaikan dan penyempurnaan yang disampaikan oleh anggota Banggar DPR RI, akan akan sangat bermanfaat bagi Pemerintah dalam upaya terus meningkatkan kualitas pengelolaan APBN serta keuangan negara secara keseluruhan.

“Kami meyakini bahwa upaya kita bersama legislatif maupun eksekutif untuk terus menjaga Indonesia pasti tidak sia-sia. Dan ini adalah upaya kita untuk terus mencapai tujuan kita bernegara," kata Sri Mulyani menambahkan.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI