PKB Usul Nama Pengusung Anies-Cak Imin Diganti Jadi Koalisi PBNU

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 07 September 2023 | 17:43 WIB
Ketua DPP PKB Lukmanul Khakim (SinPo.id/ Dok. PKB)
Ketua DPP PKB Lukmanul Khakim (SinPo.id/ Dok. PKB)

SinPo.id - Ketua DPP PKB Lukmanul Khakim mengusulkan nama koalisi pendukung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) untul Pilpres 2024 yang semula Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) diganti menjadi Koalisi PBNU.

"Saya mengusulkan nama koalisi NasDem-PKB: Koalisi PBNU. Koalisi Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945," kata Lukmanul dikonfirmasi, Jakarta, Kamis, 7 September 2023.

Lukmanul menjelaskan alasannya mengusulkan nama Koalisi PBNU. Salah satunya, pasangan capres dan cawapres tersebut dianggap berkomitmen memperjuangkan dasar-dasar dari negara Indonesia.

"Komitmen terhadap kebinekaan dan pluralisme, komitmen terhadap NKRI sebagai negara kesatuan yang tidak tergantikan oleh apapun, baik yang mewacanakan khilafah maupun negara federal, juga komitmen terhadap UUD 1945 sebagai konstitusi," kata dia.

Menurut dia, nama koalisi tersebut akan menepis anggapan Anies yang seolah-olah pro khilafah. Lukmanul berkeyakinan nama koalisi itu akan menjawab keraguan dari masyarakat.

"Nah jika disetujui nama koalisi Anies-Gus Imin nantinya Koalisi PBNU tentu ini jawaban bagi yang selama ini sangsi, apalagi belakangan muncul black campaign yang menyerang Mas Anies seolah pro khilafah," ucap dia.

Dia berharap nama koalisi itu disetujui banyak pihak. Dia mengeklaim Anies dan Cak Imin adalah tokoh yang akan mengawal kepentingan nasional bukan kelompok semata.

"Harapan saya tentu jika disetujui sekaligus agar masyarakat jangan gampang termakan provokasi dengan isu-isu yang tidak benar, Anies-Gus Imin tokoh nasional sekaligus pemimpin yang komit terhadap NKRI dan siap menjaga dan mengawal kepentingan nasional," tegas dia.sinpo

Komentar: