Jaga Basis Suara Prabowo, Golkar Jatim Bakal Lakukan Pemetaan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 04 September 2023 | 21:07 WIB
Ketua DPD 1 Partai Golkar Jawa Timur M Sarmuji (SinPo.id/ Parlementaria)
Ketua DPD 1 Partai Golkar Jawa Timur M Sarmuji (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id - Partai Golkar memastikan telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengamankan basis suara calon presiden (capres) Prabowo Subianto di Jawa Timur (Jatim). Salah satunya, melakukan pemetaan terhadap lumbung-lumbung suara Golkar.

"Kita pasti akan melakukan pemetaan, siapa menggarap siapa, siapa berorientasi pada segmen mana, kita pasti akan lakukan di antara mitra koalisi," kata Ketua DPD 1 Partai Golkar Jawa Timur (Jatim) M Sarmuji saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 4 September 2023.

Sarmuji mengamini suara NU di Jatim menjadi target seluruh partai politik (parpol). Apalagi, kata dia, hampir 85 persen warga di Jatim memiliki latar belakang NU.

Namun, Sarmuji yang juga bagian dari NU kembali menekankan tidak pernah khawatir dengan deklarasi capres Anies Baswedan dan cawapres Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Surabaya, Jatim.

"Saya NU, Gus Anwar Sadat (Wakil Ketua DPRD Jatim Fraksi Gerindra) NU, ketua-ketua partainya NU semua. Benar kata Ketua NU, NU di Jatim itu berapa coba jumlahnya, kasarannya jumlahnya 85 persen itu NU, yang 10 persen Muhammadiyah, dan 5 persen non muslim, kira-kira itu. Jadi NU 85 persen tapi apakah suara PKB 85 persen, kan enggak juga, jadi biasa-biasa aja," kata dia.

Menurut dia, secara genealogi PKB memang punya basis di Jatim. Kendati begitu, Sarmuji menilai perihal pilpres sangat bergantung pada sosok ketokohan.

"Kalau di Jatim, memang secara geonologi politik itu PKB punya basis, tapi kalau di lihat dari survei-survei yang ada sekarang sebenarnya peran wapres terutama Cak Imin bagi kami tidak akan mendongkrak suara di Pilpres 2024," tegas dia.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI