PKB Berbelot Dukung Anies, Gerindra: Selamat Berjuang, Jaga Iklim Pemilu

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 01 September 2023 | 20:40 WIB
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Dasco (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Dasco (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Partai Gerindra mengucapkan selamat kepada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang telah memutuskan keluar dari koalisi dan menjalin kerja sama politik dengan Partai NasDem-Anies Baswedan.

Partai besutan Prabowo Subianto menghormati keputusan PKB yang keluar dari Kaalisi Indonesia Maju (KIM). Gerindra berpesan agar PKB bersama-sama menjaga iklim Pemilu 2024 tetap sejuk dan damai.

"Pada prinsipnya kami hormati, mengucapkan selamat berjuang, serta mengajak PKB bersama-sama menjaga iklim pemilu yang akan datang," kata Ketua Harian DPP Partai Gerindra Dasco dalam jumpa pers di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat, 1 September 2023.

Di sisi lain, Dasco menekankan Gerindra tidak pernah mengkhianati perjanjian politik bersama PKB. Gerindra selama ini bahkan selalu setia bersama PKB dalam koalisi.

"Kami menyatakan bahwa Gerindra tidak pernah akan melanggar perjanjian tertulis Gerindra dan PKB, serta kami tidak akan pernah mengkhianati dan meninggalkan kawan seperjuangan," kata Dasco.

Dasco juga menyatakan dengan bergabungnya PKB ke NasDem dan Anies maka secara otomatis kerja sama politik yang tertuang dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bubar.

"Dengan dinamika yang terjadi terhadap keputusan yang diambil PKB, yaitu menerima kerja sama politik dengan Partai NasDem, sehigga otomatis menyebabkan kerjasama politik antara Gerindra dan PKB berakhir, atau Koalisi KKIR menjadi bubar dengan sendirinya," kata Dasco.

Sebelumnya, PKB resmi menerima tawaran Partai NasDem beserta calon presiden (capres) Anies Baswedan untuk bersama-sama menjalin koalisi di Pilpres 2024. Tawaran itu diterima karena Cak Imin dipinang sebagai cawapres untuk Anies.

 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI