Siapkan Personel, Kabaharkam Polri Pimpin Apel Rolakir untuk ASEAN Summit ke-43

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 30 Agustus 2023 | 18:31 WIB
Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran (SinPo.id/ Humas Polri)
Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran Pimpin apel Kesiapan Pamwal Rolakir ASEAN Summit ke 43 di lapangan Monas, Jakarta Pusat, Rabu, 30 Agustus 2023

Fadil mengatakan sebagai wujud kesiapan awal pengamanan ASEAN summit ke-43 yang akan berlangsung di Jakarta, salah satu tugas yang diberikan kepada Polri yakni tugas pengamanan pengawalan rute dan parkir. Pengamanan berada di bawah satgas operasi Tri Brata Jaya.

"Sebagai Kasatgas hari ini kami ingin memastikan bahwa persiapan personel, kesiapan perlengkapan siap untuk mengawal jalannya ASEAN summit ke-43," kata Fadil dalam keterangannya.

Fadil menjelaskan personel yang tergabung dalam Satgas terdiri dari 1.679 personel. Mereka berasal dari Korlantas Polri, Ditlantas Polda Metro Jaya, Ditlantas Polda Banten, Serta ada personel Lantas dari beberapa Polda lainnya.

"Sedangkan untuk kendaraan yang dilibatkan yang pertama BKO ke Paspampres ada 60 roda empat listrik, kemudian 66 roda dua listrik yang kedua untuk delegasi ada 35 roda empat fosil, dan 25 roda dua fosil," jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, kata Fadil, Polri juga memberikan bantuan personel yang akan melakukan pengawalan VVIP atau ketua delegasi pimpinan negara. Mereka akan berkoordinasi dan melekat dengan Paspampres.

"Sebanyak 176 anggota lalu lintas plus kendaraannya akan melekat dengan Paspampres di bawah kendali Paspampres untuk melakukan pengawalan terhadap VVIP," kata dia.

Diketahui, kegiatan ASEAN summit akan berlangsung mulai dari tanggal tanggal 5 sampai 7 September 2023. Sementara untuk operasi pengamanan akan dimulai dari tanggal 1 sampai dengan 8 September 2023.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI