BEM UI Undang Tiga Bakal Capres untuk Debat, KPU: Masih Bebas Silaturahmi

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 26 Agustus 2023 | 21:22 WIB
Ketua KPU RI Hayim Asyari. (SinPo.id/Anam)
Ketua KPU RI Hayim Asyari. (SinPo.id/Anam)

SinPo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan bahwa tiga bakal calon presiden (capres), yakni Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo masih bebas bersilaturahmi.

Pernyataan itu disampaikan Ketua KPU RI Hasyim Asyari merespons rencana Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) menggelar acara debat dengan mengundang tiga bakal capres tersebut.

Hasyim bilang, Prabowo, Anies, dan Ganjar belum memiliki kedudukan hukum dalam kepemiluan khususnya Pilpres 2024 lantaran jadwal penetapan
pasangan capres-cawapdes 2024, baru digelar KPU pada November 2023 mendatang.

"Dalam pandangan saya, Mas Anies, Mas Ganjar dan Pak Prabowo, belum siapa-siapa dalam konteks Pemilu Presiden (Pilpres) 2024," ujar Hasyim dalam keterangannya dikutip Sabtu, 26 Agustus 2023.

Untuk itu, Hasyim mempersilahkan kepada ketiga Bacapres untuk menghadiri undangan debat dari BEM UI tersebut.

"Karena itu Mas Anies, Mas Ganjar dan Pak Prabowo masih bebas silaturahim, diskusi dan debat dengan siapa pun, dan bertempat di mana saja, termasuk di dalam kampus," tuturnya.

Seperti diketahui, BEM UI akan mengundang tiga bakal capres yakni Prabowo, Anies, serta Ganjar untuk beradu gagasan pada 14 September 2023 mendatang.

"Kami akan melangsungkan program adu gagasan tiap bacapres ini pada 14 September 2023 nanti," ujar Ketua BEM UI Melki Sedek Huang melalui keterangan tertulisnya pada Rabu, 23 Agustus 2023.

Dia menyampaikan, pihaknya akan melayangkan undangan secara resmi ke setiap bakal capres untuk datang memenuhi kegiatan BEM UI itu agar dikuliti isi pikiran dan diuji gagasannya untuk bangsa.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI