Dasco: Food Estate Program Strategis Nasional yang Digagas Pemerintah

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 20 Agustus 2023 | 18:50 WIB
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Dasco (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Dasco (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Dasco menjelaskan, program food estate merupakan program pemerintah yang memiliki konsep pengembangan pangan. Program ini dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan untuk meningkatkan cadangan pangan nasional.

"Program ini masuk dalam salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024, dimana program food estate telah dikembangkan di beberapa daerah seperti Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan, dan Nusa Tenggara Timur," ujar Dasco dalam keterangannya, Minggu, 20 Agustus 2023.

Dasco menegaskan, program food estate berdasarkan pendapat analisis pakar dan praktisi yang menyampaikan kepada pemerintah, terkait permasalahan dan tantangan di bidang pertanian dan ketahanan pangan yang dihadapi Indonesia. Tantangan tersebut berupa gangguan supply bahan pangan, ancaman krisis pangan dan pembatasan dalam lapangan produksi.

"Terkait dengan permasalahan dan tantangan tersebut, pemerintah telah menyiapkan rencana antisipasi dalam RPJMN Tahun 2020-2024, salah satu di antaranya adalah Program Lumbung Pangan Nasional (Food Estate)," jelasnya.

Salah satu yang ditunjuk Presiden Jokowi untuk mengembangkan food estate, sambung Dasco, yakni Kementerian Pertahanan. Menurutnya, Presiden Jokowi berharap, program ini bisa membuat Indonesia berdaulat tidak hanya dari sisi militer, namun juga bisa berdaulat dari sisi kemandirian pangan.

"Namun sayang, program yang sangat baik ini malah banyak mendapatkan sorotan minor akhir-akhir ini dari beberapa kalangan. Banyak tuduhan yang dialamatkan, meski tidak secara tersurat, kepada Kementrian Pertahanan dan bahkan kepada Pak Prabowo sebagai pemangku kepentingan di Kementrian Pertahanan," ucapnya.

"Tuduhan itu antara lain merugikan keuangan negara, upaya food estate ini sebagai kejahatan lingkungan, atau  bahkan ada triliunan dana yang mengalir ke parpol dari program ini," sambungnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI