Penugasan Kemenhan di Food Estate Sudah Mendapat Izin Kementerian LHK

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 20 Agustus 2023 | 19:08 WIB
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Dasco (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Dasco (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Dasco menegaskan, Kemenhan yang ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai salah satu pelaksana food estate sudah mendapat izin Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Sejatinya program yang dilaksanakan di Hutan Ketahanan Pangan seluas kurang lebih 6600 hektar, guna memenuhi cadangan strategis pangan.

"Luas lahan ini berasal dari hutan produksi yang sudah lama terbengkalai di provinsi Kalimantan tengah. Dari lahan seluas itu, baru sebesar 10 persen nya atau kurang lebih sekitar 660 HA yang sudah dikerjakan," kata Dasco dalam keterangannya, Minggu, 20 Agustus 2023.

Dasco menjelaskan, saat ini food estate baru tahap pembersihan lahan dan dalam proses pematangan lahan. Proses ini memakan waktu kurang lebih satu tahun. Diakuinya, proses ini agak lama karena tekstur tanah lahan yang ada harus dilakukan treatment khusus.

"Lahan di wilayah ini merupakan tanah berpasir yang memang tingkat kesulitannya tinggi untuk ditanami. Justru disinilah tantangannya," jelasnya.

Guna memaksimalkan hasil food estate, sambung Dasco, Prabowo melibatkan akademisi, anak muda dan pihak swasta untuk melakukan riset. Sehingga lahan yang merupakan tanah berpasir tersebut dapat dicarikan formulanya hingga dapat ditanami.

"Seperti dalam sebuah lagu koes plus, tongkat kayu dan batu jadi tanaman. Tahap inilah yang sedang berproses. Saat ini, sudah ditemukan formula yang diperoleh dari hasil riset yang akan diimplementasikan menjadi prototipe food estate tanaman singkong. Semua proses ini dilakukan dengan tanpa memakai uang negara Rp1 pun. Saya ulangi tanpa memakai uang negara Rp1 pun," tegasnya.

"Dari implementasi hasil riset inilah kita harapkan, program food estate dapat berhasil sukses dimana tanah yang sulit ditanami dapat menjadi lahan produktif, dan sebentar lagi kita bisa melihat hasilnya," kata Dasco.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI