Antisipasi Kebakaran Hutan di Pulau Sumatra, Sejumlah Personel Disiagakan di JTTS

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 20 Agustus 2023 | 16:13 WIB
Jalan Tol Trans Sumatra (SinPo.id/ Hutama Karya)
Jalan Tol Trans Sumatra (SinPo.id/ Hutama Karya)

SinPo.id - Dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan di Pulau Sumatra akibat cuaca panas, PT Hutama Karya (Persero) telah menyiapkan personil di sekitar Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Pasalnya, Sumatra menjadi salah satu wilayah yang paling rawan terjadi kebakaran hutan saat musim kemarau. Sehingga JTTS harus selalu dipastikan aman untuk dilintasi oleh pengguna jalan tol.

"Kami terus berkoordinasi dengan manggala AGNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPN)," kata Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, Minggu 20 Agustus 2023.

"Selain itu, TNI & Kepolisian Daerah Provinsi Sumsel serta Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Ilir juga turut terlibat dalam menindaklanjuti kasus Karhutla yang terjadi di Tol Palembang- Indralaya," sambungnya.

Berdasarkan hasil investigasi, terdapat sejumlah titik yang rawan akan kebakaran, yakni Tol Palembang- Indralaya sekitar KM 01, KM 03, KM 6, KM 12, KM 16+00 & KM17+800. Sedangkan radius api kurang lebih 500- 800 Meter dari main road.

"Dari sisi pemadaman api, Hutama Karya telah menyiapkan kendaraan tangki air dan tim pemadam, menyiapkan hydrant sumber air di gerbang tol serta alat manual gebyok pemukul untuk menghalau api masuk ke mainroad," paparnya.

"Kami juga dibantu kendaraan pemadam tambahan dan pemadaman lewat udara dengan helikopter water bombing oleh BNPB, BPBD & Manggala AGNI serta bantuan water cannon dari kepolisian," katanya menambahkan.

Di samping itu, kata Tjahjo, untuk mengamankan lalu lintas, seluruh personil akan disiagakan selama 24 jam. Sehingga apabila terjadi kebakaran hutan, maka pengamanan telah siaga dan akan langsung meluncur ke lokasi kejadian.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI