Ini Link Cek Nama DCS Bakal Caleg DPR RI, DPD dan DPRD Pemilu 2024

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 20 Agustus 2023 | 10:35 WIB
Kantor KPU RI (Sinpo.id/Ashar)
Kantor KPU RI (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merilis daftar calon sementara (DCS) bakal calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, pada  Sabtu 19 Agustus 2023 hingga 23 Agustus mendatang.

"Proses pencalonan legislatif ini adalah pintu awal mewujudkan lembaga legislatif," kata Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik dalam rilisnya yang diterima, Minggu 20 Agustus 2023.

Idham menjelaskan, daftar DCS DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota memuat nomor urut Partai Politik Peserta Pemilu, nama Partai Politik, tanda gambar Partai Politik, nomor urut calon, foto diri terbaru calon, nama lengkap calon, jenis kelamin, dan kabupaten/kota tempat tinggal calon.

Sementara itu, DCS anggota DPD RI memuat nomor calon, nama lengkap calon yang disusun berdasarkan abjad, pas foto diri terbaru calon, jenis kelamin, dan kabupaten/kota tempat tinggal calon.

Lebih lanjut, Idham mengatakan, pengumuman DCS untuk Pemilu 2024 ini bertujuan agar masyarakat mengetahui rekam jejak bakal caleg yang akan dipilih sebagai wakil rakyat.

Selain itu, KPU juga mengimbau agar masyarakat umum dapat berpartisipasi dengan melihat daftar bakal caleg sementara DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota pada Pemilu 2024 serta memberi tanggapan.

"Partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024 sangat penting bagi masa depan bangsa Indonesia. Diharapkan masyarakat dapat lebih bijak dalam bersikap, cerdas dalam memilih wakilnya," paparnya.

Berikut Link daftar caleg dan untuk memberi tanggapan serta masukan terhadap Caleg pada pemilu 2024 : 

1. DPR RI
https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Dcs_dpr

2. DPD RI
https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Dcs_dpd

3. DPRD Provinsi
https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Dcs_dprprov

4. DPRD Kabupaten /Kota
https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Dcs_dprd

BERITALAINNYA
BERITATERKINI