Rusia Luncurkan Serangan Udara ke Alun-Alun Kota Ukraina Utara, Tujuh Orang Tewas

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 20 Agustus 2023 | 10:01 WIB
Imbas serangan udara Rusia ke Ukraina (Sinpo.id/Reuters)
Imbas serangan udara Rusia ke Ukraina (Sinpo.id/Reuters)

SinPo.id - Sedikitnya tujuh warga sipil, termasuk anak berusia enam tahun, tewas akibat serangan udara Rusia semalam di alun-alun kota di pusat Chernihiv, Ukraina utara. Sementara 129 orang lainnya terluka.

Menteri Dalam Negeri, Ihor Klymenko, mengatakan 15 orang yang terluka merupakan anak-anak dan 15 lainnya merupakan petugas polisi. Saat serangan itu terjadi, orang-orang sedang dalam perjalanan ke gereja untuk merayakan hari raya keagamaan.

"Sebuah rudal Rusia menghantam tepat di tengah kota, di Chernihiv. Alun-alun, Universitas Politeknik, teater. Sabtu biasa, yang mengubah Rusia menjadi hari yang menyakitkan dan penuh duka," tulis Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di Telegram. Dilansir dari ABC, Minggu 20 Agustus 2023.

Seperti diketahui, Chernihiv yang berada sekitar 145 km dari utara ibu kota Kyiv, terkenal dengan jalan-jalan yang rindang dan gereja yang telah berusia ratusan tahun. Sedangkan Rusia, telah mencapai wilayah itu pada bulan Februari lalu.

Meski demikian, Angkatan Udara Kyiv mengatakan pada Sabtu pagi bahwa militer Ukraina telah menembak jatuh 15 dari 17 drone Shahed buatan Iran yang diluncurkan oleh Moskow dalam serangan semalam.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI